Klub Papan Atas Serie A Tagih Pembayaran Hak Siar

Sebuah gol yang dicetak bek Udinesia, Rodrigo Becao, di laga pembuka Liga Italia 2019/2020. Foto: ant

Indonesiainside.id, Jakarta – Liga sepak bola profesional papan atas Italia, Serie A,Rabu (27/5) mengajukan permintaan pembayaran terhadap pemegang hak siar, Sky-Italia, atas pembayaran hak siar untuk sisa musim ini.

Kompetisi Serie A musim 2019-2020 terhenti di tengah jalan mulai 9 Maret sebagai akibat dari pemberlakuan karantina wilayah (lockdown) coronavirus berskala nasional di Italia.

Pihak Serie A mengatakan Sky-Italia masih berutang 233 juta euro (1 euro = Rp16.262) untuk pembayaran hak siar. Menurut media Italia, pemegang hak siar itu dilaporkan meminta diskon 15-18 persen dari jumlah tersebut.

Jika berhasil, permintaan pembayaran yang diajukan di Milan pada Rabu itu akan memaksa Sky-Italia untuk membayar dalam jumlah penuh, atau dapat memungkinkan pihak Serie A mencari pemegang hak siar lain untuk menyiarkan 114 sisa pertandingan dalam jadwal.

Masih belum pasti kapan atau bahkan apakah pertandingan-pertandingan itu akan digelar. Sebanyak 20 tim peserta Serie A bulan ini memilih untuk memulai kembali musim pada 13 Juni, sambil menunggu keputusan pemerintah tentang protokol kesehatan dan jaga jarak sosial. Keputusan tentang hal itu dijadwalkan keluar pekan ini.

Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora pada pekan ini mengatakan bahwa jika Serie A musim ini dapat diselesaikan, sisa musim ini harus disiarkan secara gratis di Italia mengingat kehadiran penonton di stadion juga bakal dilarang atau sangat dibatasi. Siaran gratis itu juga akan mengurangi insentif bagi para penggemar untuk berkumpul menonton pertandingan di bar-bar olahraga yang ramai, yang akan sulit untuk menerapkan aturan menjaga jarak.

Sky-Italia menyiarkan setidaknya sebagian musim Serie A sejak 17 tahun lalu menggunakan model tayangan berbayar. (EP/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here