Home Olahraga Ayah Bintang MMA Khabib Nurgomadov Meninggal akibat Covid-19

Ayah Bintang MMA Khabib Nurgomadov Meninggal akibat Covid-19

foto: essentiallysports.com

Indonesiainside.id, Jakarta–Abdulmanap Nurmagomedov (57), ayah dari juara UFC Khabib Nurmagomedov, meninggal dunia.  Abdulmanap  meninggal hari Jumat (3/7) sebagai akibat dari infeksi Covid-19.

Abdulmanap Nurmagomedov pertama kali jatuh sakit pada akhir April di tanah kelahirannya di Republik Dagestan Rusia. Ia dirawat di rumah sakit setempat karena gejala mirip pneumonia tetapi menolak untuk dites Covid-19.

Setelah kondisinya memburuk, Abdulmanap dikirim dengan penerbangan khusus ke Moskow di mana ia dirawat di rumah sakit militer. Di sanalah ia dinyatakan positif Covid-19 dan tak lama setelah menderita serangan jantung akibat penyakit itu, kutip RT.

Pria uamh memiliki riwayat penyakit jantung ini mendapat diagnosa positif virus corona selama beberapa bulan. Sealama pengobatan, Abdulmanap membutuhkan operasi yang membuatnya sempat berada dalam kondisi koma.

Kondisinya sempat dinyatakan dalam kondisi stabil meskipun masih dalam tahap serius. Menurut RT, Abdulmanap akhirnya menghembuskan napas terakhir pada Jumat (13/6). Pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov memberitahukan kabar tersebut.

“Dokter telah melakukan segalanya yang bisa mereka lakukan, namun kondisinya memang sudah terlalu serius [parah],” ucap salah satu kerabat keluarga Nurmagomedov, Ramazan Rabadanov dikutip dari RT.

Nurmagomedov senior yang pertama memperkenalkan ajang seni bela diri kepada Khabib. Abdulmanap sempat mengubah rumahnya untuk dijadikan pusat kebugaran dan  menjadi tempat Khabib saat kecil belajar bergulat.

Ia juga diakui sebagai bapak olahraga MMA di Dagestan karena berhasil mengantarkan beberapa juara dunia. Abdulmanap meninggalkan tiga anak, Magomed, Khabib, dan Armina. Ia merupakan pelatih elite di negaranya di Dagestan, dengan spesialisasi gulat dan sambo – seni bela diri khas Rusia. Begitu besar jasanya di dunia mixed martial arts di negara kelahirannya, ia bahkan dijuluki “Ayah MMA Dagestan.” (NE)

TIDAK ADA KOMENTAR

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here