Home Olahraga Juarai Liga Primer, Mohamed Salah Sumbang Ambulans untuk Kampung Halaman

Juarai Liga Primer, Mohamed Salah Sumbang Ambulans untuk Kampung Halaman

Bintang timnas Mesir Mohamed Salah. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Kairo – Bintang sepak bola Mesir dan Liverpool, Mohamed Salah, tidak hanya berbakat untuk selalu mencetak gol dan memenangkan trofi, namun ia juga punya obsesi untuk selalu beramal. Seperti yang ditunjukkannya baru-baru ini di kampung halamannya, Desa Nagrig, di Kota Gharbia, Mesir.

Pembukaan pusat ambulans baru, yang disumbangkan oleh pemain yang baru saja menjuarai Liga Primer Inggris itu untuk desanya, diumumkan minggu ini oleh Tarek Rahmy, Walikota Gharbia.

Ayah Salah, Haj Salah Ghaly, hadir pada pengumuman tersebut, bersama dengan Dr Magdy Awad, Kepala Lembaga Ambulans Gharbia, dan Dr Abdel Naser Hemeida, Perwakilan Kementerian Kesehatan untuk Gharbia.

Pusat ambulans, yang dilaporkan menelan biaya 600.000 pound Mesir atau hampir mencapai Rp530 juta, akan melayani sekitar 30.000 orang di desa itu.

Salah tidak melupakan akarnya, sesuatu yang dia buktikan berkali-kali melalui tindakannya. Pusat ambulans hanyalah tindakan amal terbaru dalam daftar panjang perbuatan baik oleh superstar Mesir itu.

Di Nagrig, anak perempuan harus melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan pendidikan. Jadi, pada 2018, Salah membiayai pembangunan sekolah khusus anak perempuan di desanya. Dia juga membeli tanah untuk disumbangkan ke Gharbia, yang akan digunakan untuk membangun pabrik pengolahan limbah, untuk menjamin air bersih di wilayah tersebut.

Pemain andalan Liverpool itu sebelumnya membeli peralatan medis untuk desanya dan juga mendirikan yayasan amal untuk membantu orang yang membutuhkan setiap bulan.

Dia juga membantu sekolah lamanya, dengan mendirikan lapangan sepakbola dan tempat gym, sehingga siswa dapat menikmati fasilitas yang layak untuk berlatih olahraga dan menjalani gaya hidup sehat.

Baru-baru ini, Salah juga menyumbangkan makanan ke kota Basyoun selama pandemi Covid-19.

Tidak hanya di Gharbis, aksi amalnya juga mencapai di luar kota asalnya. Dia membantu Mesir dengan memberikan donasi 5 juta pound Mesir atau sekitar Rp4,4 miliar ke Tahya Masr Fund, pada 2016. Tahun lalu Salah menyumbangkan lebih dari 50 juta pound Mesir atau sekitar Rp45 miliar ke National Cancer Institute.

Salah diberi nama panggilan “Pembuat Kebahagiaan” oleh penggemarnya, karena suatu alasan. Sementara tindakannya di lapangan menginspirasi, mereka yang berada di luar lapangan juga sama pentingnya menurut Salah. (Msh)

TIDAK ADA KOMENTAR

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here