Kalah dari Sheffield United, Mourinho Cari Kambing Hitam

Jose Mourinho menghibur anak asuhnya Lucas Moura Foto: Antara

Indonesiainside.id, London–Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho mempertanyakan mentalitas para pemain setelah menelan kekalahan 1-3 saat bertandang ke markas Sheffield United, Jumat (3/7) dini hari WIB.

Salah satu momen yang dianggap telah membuat mental anak asuhnya mengendur pada laga semalam adalah ketika gol penyeimbang dari Harry Kane dianulir wasit karena tinjauan VAR memperlihatkan terjadinya handball oleh Lucas Moura sebelum bola jatuh menuju kaki Kane.

Kejadian tersebut telah membuat manajer asal Portugal itu belajar banyak soal karakter para pemainnya yang dinilainya terlalu larut dalam kekecewaan saat menyikapi sebuah keputusan.

“Anda harus siap menghadapi momen negatif agar bisa fokus terus bertanding sampai menit terakhir. Terlepas dari usaha saya di ruang ganti, saya merasa saya tahu lebih banyak soal sifat pemain saya,” kata Mourinho dikutip AFP, Jumat.

Mourinho juga meminta timnya untuk memotivasi diri sendiri dalam enam pertandingan tersisa, meski peluang berlaga di Liga Champions musim depan semakin tipis.

Kendati demikian, ia juga meminta para pemain bisa lebih peduli dengan hasil dan posisi mereka dalam klasemen. Sebab jika tidak, ia menilai mereka akan berada dalam masalah besar untuk bisa bangkit.

“Motivasi itu harus berupa motivasi diri yang berkaitan langsung dengan profesionalime seperti menghargai pekerjaanmu, klubmu, dan penggemar,” ucapnya.

“Manajer hanya bisa membantu, tapi sifat para pemain sebagai profesional adalah yang paling penting.”

Kekalahan ini membuat Tottenham Hotspur turun ke peringkat sembilan klasemen, tertinggal sembilan poin dari Chelsea pada urutan keempat dan berselisih tujuh poin dari Manchester United pada posisi kelima. (SD/ ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here