Dua Penalti Watford Tundukkan Newcastle

Watford menang atas tamunya Newcastle United. Foto: watford

Indonesiainside.id, Jakarta – Dua tendangan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Troy Deeney mengantarkan Watford bangkit menundukkan tamunya Newcastle United 2-1 dalam laga pekan ke-35 Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi Covid-19 di Stadion Vicarage Road, Sabtu(11/7).

Tim tamu sempat unggul hingga waktu istirahat berkat gol Dwight Gayle, tetapi Watford memperoleh dua hadiah tendangan penalti yang sempurna dieksekusi oleh sang kapten untuk memastikan kemenangan.

Kemenangan itu memperbesar asa Watford menyelamatkan diri dari ancaman degradasi. Tim besutan Nigel Pearson itu memang masih tertahan di urutan ke-17, tapi kini mengoleksi 34 poin atau unggul enam poin dari zona merah.

Sedangkan Newcastle (43) tertahan di urutan ke-13 dan terancam melorot jika Crystal Palace (42) bisa menang besok, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Newcastle mengambil inisiatif serangan ketika pertandingan dimulai dan Allan Saint-Maximin berhasil mengirim umpan silang bagus, sayangnya Miguel Almiron tak mampu menjangkaunya.

Pada menit ke-11, Almiron hampir membawa Newcastle memimpin tetapi sepakannya berhasil dihalau oleh kiper Ben Foster.

Watford perlahan mengimbangi permainan tamunya dan Danny Welbeck menyambut umpan silang Kiko Femenia dengan tembakan voli, tetapi kiper Martin Dubravka melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-16.

Tujuh menit kemudian justru Newcastle berhasil membuka keunggulan ketika Gayle menyontek bola umpan sundulan Federico Fernandez dalam situasi sepak pojok.

Newcastle hampir menggandakan keunggulannya pada menit ke-35, tetapi tembakan sudut sempit Saint-Maximin berhasil dihalau Foster menggunakan kakinya.

Keunggulan tim tamu bertahan hingga babak pertama usai tetapi lima menit selepas sepak lanjut babak kedua Femenia berhasil menusuk ke dalam kotak penalti melewati hadangan Fernandez sebelum dijatuhkan oleh Matt Ritchie sehingga wasit tak punya pilihan selain menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Deeney yang melepaskan tembakan lurus ke tengah gawang, mengecoh Dubravka yang melompat ke sisi kanan dan kedudukan jadi imbang 1-1.

Gol itu melecut semangat juang para pemain tuan rumah yang beberapa kali menciptakan kesempatan untuk membalikkan keadaan tetapi tembakan Deeney masih mengarah tepat ke pelukan Dubravka dan sontekan Welbeck mendarat di atap gawang.

Pada menit ke-67, Craig Dawson mencetak gol bunuh diri ketika berusaha menyapu umpan sodoran Saint-Maximin, tetapi hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera pertanda offside ketika penyerang Prancis itu menerima umpan terobosan dari Ritchie sehingga gol dianulir.

Watford kembali memperoleh hadiah tendangan penalti ketika Javi Manquillo menarik seragam Ismailla Sarr dan menjatuhkannya di dalam area terlarang.

Deeney kembali menghadapi bola dan melepaskan tembakan keras yang tak memberi kesempatan Dubravka melakukan penyelamatan demi membawa Watford berbalik unggul 2-1 atas Newcastle pada menit ke-82.

Di sisa waktu yang ada tak banyak peluang terjadi dan Watford menutup pertandingan dengan raihan tiga poin penuh.

Watford bakal terus berusaha mengamankan diri dari ancaman degradasi ketika melakoni lawatan ke markas West Ham United dalam laga pekan ke-36 pada Jumat (17/7) waktu setempat, dua hari setelah Newcastle menjamu Tottenham Hotspur di St. James’ Park.(EP/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here