Elkan Baggott Dipanggil ke Timnas U-19, Ini Alasan Shin Tae-Yong

Pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong mengatakan postur menjadi alasannya memanggil bek muda klub asal Inggris Ipswich Town, Elkan Baggott ke Timnas U-19. Foto: Football5star

Indonesiainside.id, Jakarta – Pelatih kepala Tim Nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong mengatakan postur menjadi alasannya memanggil bek muda klub asal Inggris Ipswich Town, Elkan Baggott ke Timnas U-19.

“Elkan memiliki postur tubuh yang tinggi. Itulah kenapa saya memilih dia,” kata Shin usai memimpin latihan timnya di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/8).

Elkan, yang ibunya WNI dan ayahnya berkewarganegaraan Inggris, memiliki tinggi badan lebih dari 190 centimeter dan menjadi yang tertinggi di Timnas U-19 saat ini. Sebagai seorang bek tengah, Shin menilai tinggi Elkan sangat ideal.

Namun, juru taktik asal Korea Selatan itu masih harus melihat kemampuan olah bola pemain 17 tahun itu. Pasalnya, Timnas U-19, bersama timnas senior, baru menjalani latihan lapangan perdana pada Jumat (7/8) meski sudah berkumpul di Jakarta sejak 23 Juli 2020.

“Ini masih latihan pertama. Saya belum bisa melihat kemampuan para pemain yang sebenarnya,” tuturnya.

Shin Tae-yong sendiri mengakui bahwa dirinya memantau para pemain berdarah Indonesia yang bermain di luar negeri. Elkan menjadi salah satunya.

Di timnas U-19, selain Elkan, Shin memanggil Khairul Imam Zakiri dari klub Gymnastica Ceuta (Spanyol) dan Witan Sulaeman dari klub Radnik Surdulica (Serbia). Akan tetapi, berbeda dengan Elkan yang debutan di timnas, Imam dan Witan sudah beberapa kali dipanggil ke skuat belia Garuda.

Selain nama itu, juga ada Egy Maulana Vikri dari klub Liga Polandia Lechia Gdansk yang dipanggil untuk timnas senior. Khusus di timnas senior ini, ada pula empat nama baru di timnas yaitu Kushedya Hari Yudo (Arema), Arif Satria (Persebaya), I Kadek Agung (Bali United) dan Miswar (PSM).

Tentang empat pemain itu, Shin Tae-yong mengaku sengaja memasukkan mereka ke timnas Indonesia karena berpenampilan baik di Liga 1 musim 2020 sebelum kompetisi dihentikan sementara karena pandemi Covid-19. “Saya memilih mereka dari tiga atau empat pertandingan awal Liga 1,” ungkapnya.

Tim nasional senior dan U-19 Indonesia mengikuti pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya berlangsung mulai 23 Juli 2020 di Jakarta. Semua kegiatan TC diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Namun, meski telah berkumpul sejak 23 Juli 2020, timnas baru akan berlatih di lapangan pada Jumat (7/8) sore di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil manajer pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Bagi Timnas Indonesia, TC itu sebagai persiapan menghadapi tiga pertandingan terakhir Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Timnas akan menantang tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, kemudian menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020, dan bertandang ke Vietnam pada 12 November 2020. Sementara timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. (ASF)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here