Indonesia Bersaing Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Ilustrasi lambang olimpiade

Indonesiainside.id, Jakarta – Indonesia bersaing dengan Qatar, China, India dan Unifikasi Korea, Australia dan Jerman untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia pada 2018 lalu telah mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah acara internasional tersebut.

“Ini penentuan tuan rumah ini akan ditetapkan pada tahun 2024 dan proses seleksi dimulai selambat-lambatnya 2023,” kata Jokowi — sapaan akrab Joko Widodo — dalam rapat terbatas pada Rabu.

Dia meminta pencalonan tuan rumah tersebut harus dijadikan momentum untuk memperbaiki diri dari segala aspek mulai dari persiapan infrastruktur dan prestasi atlet dan peningkatan visibilitas global sebagai kota penyelenggara.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) kata dia juga telah menetapkan norma baru untuk negara yang menjadi tuan rumah yakni Olimpiade yang sederhana dan hemat biaya.

“Saya kira ini baik dan norma baru ini penting untuk dipelajari dan diadaptasi. Dan, kelihatannya filosofi yang baru ini Olimpiade bukan lagi untuk menunjukkan gebyar kemewahan, tetapi sejauh mana kreativitas inovasi itu bisa dilakukan,” jelas dia.

Dia juga meminta peta jalan pencalonan untuk tuan rumah Olimpiade 2032 segera disiapkan dengan baik.(EP/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here