Bawaslu Usut Video Viral 15 Camat Makassar Dukung Jokowi

Ketua Bawaslu Makassar, Nursari. Foto: Istimewa.

Oleh: Risman |

Bawaslu membentuk tim ivenvestigasi terkait viralnya dukungan 15 camat Kota Makassar kepada Capres 01 Jokowi-Ma’ruf.

Indonesiainside.id, Makassar — Keberpihakan aparat pemerintah hingga ke jajaran terbawah kepada petahana Joko Widodo (Jokowi) sepertinya sulit dibendung. Tak hanya dilakukan secara diam-diam. Penggalangan dukungan malah dilakukan secara terbuka hingga viral di media sosial (medsos).

Di Makassar, beredar video mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengomandoi dukungan 15 camat se-Kota Makassar terhadap capres dan cawapres nomor urut 01.

Dalam video berdurasi 1 menit 25 detik itu, SYL dan 15 camat Makassar kompak menyatakan tekad untuk mendukung capres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin untuk satu periode lagi.

Ketua Bawaslu Makassar Nursari telah membentuk tim ivestigasi terkait video tersebut. Pihaknya juga telah melayangkan surat pemanggilan kepada 15 camat di Kota Makassar.

“Kami juga sudah melayangkan surat undangan kepada saksi-saksi yang kami anggap relevan dengan viralnya video tersebut. Mudah-mudahan besok mereka kooperatif dan memenuhi undangan kami,” ujarnya saat ditemui di Kantor Bawaslu Makassar, Kamis (21/2/2019).

 

 

Nursari mengatakan, ASN tetap punya hak politik tapi bukan berarti mereka bebas melakukan aktivitas politik praktis. Semestinya menghindari kegiatan politik praktis, termasuk mengampanyekan orang, baik terlibat langsung maupun dilibatkan.

Ancaman hukuman bagi ASN yang terlibat politik praktis, kata dia. tidaklah main-main. Mereka, terancam hukuman satu tahun penjara.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here