KPU dan Bawaslu Kompak Serahkan Draf Jawaban PHPU ke MK

Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari. Foto: Istimewa

Oleh: Muhajir

Indonesiainside.id, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kompak bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendatangi gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini. Kedua lembaga tersebut datang untuk menyerahkan draf jawaban terkait permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 ke MK.

Draf jawaban itu diserahkan langsung oleh Ketua KPU, Arief Budiman, dan Ketua Bawaslu, Abhan. Keduanya tiba bersamaan di Gedung MK, Jakarta Pusat sekitar pukul 15.00 WIB.

Saat tiba di lokasi, keduanya langsung menuju ke meja registrasi untuk menyerahkan beberapa dokumen terkait jawaban atas permohonan PHPU Pilpres 2019. Dalam hal ini, KPU adalah pihak tergugat atas gugatan yang diajukan oleh pihak pemohon, paslon 02 Prabowo-Sandi, sementara Bawaslu merupakan pihak terkait.

Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari sebelumnya mengatakan 34 KPU Provinsi menyerahkan 8 boks atau kontainer yang berisi data dan dokumen sebagai alat bukti. “Jadi akan diserahkan dokumen alat bukti sebanyak 272 kontainer,” katanya dalam keterangan tertulis, hari ini.

Masing-masing boks berukuran panjang 60cm x lebar 40cm x tinggi 40cm = 96.000 cm3. “Total 272 kontainer x 96.000cm3 = 26.112.000 cm3, setara dengan 26.112 m3,” jelas dia.

Menurut Hasyim, banyaknya alat bukti menunjukkan KPU benar-benar serius mempersiapkan jawaban ke MK.

“Ini menunjukkan keseriusan KPU dalam mempersiapkan dan menghadapi gugatan PHPU Pilpres 2019 di MK,” kata dia. (EPJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here