Tak Hadiri Pleno KPU, Prabowo Utus Delegasi

Anggota Direktorat Hukum BPN Prabowo-Sandi, Habiburokhman. Foto: Pilpres2019

Oleh: Ahmad ZR

Indonesiainside.id, Jakarta — Capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, tidak hadir dalam rapat pleno penetapan presiden dan wakil presiden terpilih 2019 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), petang tadi. Sebagai gantinya, politikus Partai Gerindra Habiburokhman hadir mewakili pihak kubu 02.

“Saya diberi tugas oleh Pak Prabowo untuk hadir. Kami hormati proses yang sudah berjalan, baik di penghitungan KPU maupun di MK (Mahkamah Konstitusi). Kebetulan beliau berhalangan hadir jadi menugasi kami untuk hadir di sini,” kata Habiburokhman di Gedung KPU, Jakarta, Ahad (30/6).

Kendati demikian, dia belum dapat memastikan apakah Prabowo dan Sandi nanti bakal menemui Jokowi dan Ma’ruf secara langsung untuk mengucapkan selamat atas terpilihnya mereka sebagai presiden-wakil presiden periode 2019-2024. Pasalnya, Prabowo sampai sekarang merasa Pemilu 2019 dilakukan dengan kecurangan terstruktur, sistematis, dan masif (TSM), sehingga membawa persoalan tersebut ke MK.

“Saya pikir dengan kenyataan beliau hormati, kemudian hasil (sengketa) sudah terjadi di MK, itu sama saja dengan ucapkan selamat. Kita lihat prosesnya apakah akan bertemu ucapkan (selamat) langsung ya,” ujar Habiburokhman.

Sebelumnya, Prabowo dikabarkan ditemui oleh utusan dari Jokowi-Ma’ruf tatkala sedang merayakan ulang tahun adiknya, Hashim Djojohadikusumo di Bali. Pertemuan itu disinyalir merupakan win-win solution untuk membicarakan rekonsiliasi pascapilpres.

“Itu porsi elite ya. Saya enggak ada di level itu (untuk menjelaskan),” ucap Habiburokhman.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso menyatakan, baik Prabowo maupun Sandiaga, memang tidak memiliki agenda untuk menghadiri rapat pleno penetapan presiden-wakil presiden terpilih di KPU hari ini. Dia pun tak menjelaskan lebih jauh alasan ketidakhadiran paslon 02 itu.

“Enggak ada jadwal (menghadiri acara) itu,” kata Priyo kepada Indonesia Inside, saat dihubungi Ahad (30/6).

Selain Habiburokhman, perwakilan lain dari Koalisi Adil Makmur yang hadir adalah Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here