Wiranto Sebut Gejolak Pemilu Dapat Berakhir Baik

Oleh: Ahmad ZR

Indonesiainside.id, Jakarta — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, turut menghadiri rapat pleno penetapan presiden dan wakil presiden terpilih di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, petang tadi. Dia mengaku bersyukur tahapan penyelenggaraan pemilu tahun ini dapat dijalankan dengan damai, meski banyak catatan dan evaluasi.

“Ini pemilihan umum boleh dikatakan paling besar, paling rumit, dan kita sudah dapat lalui dengan baik. Artinya, tahapan-tahapan sudah kita selesaikan dan memang ada gejolak, tetapi alhamdulillah atas kesadaran bersama, gejolak itu berakhir dengan baik,” kata Wiranto di Gedung KPU, Jakarta, Ahad (30/6).

Baca Juga:  Partai Berkarya Surati KPU, Bawaslu dan Ombudsman RI

Politikus Partai Hanura ini mengajak masyarakat dan seluruh komponen bangsa merekatkan kembali persatuan dan kesatuan untuk membangun Indonesia yang lebih maju. Menurut dia, persatuan lebih utama daripada sekadar kepentingan politik semata.

“Saya kira kita wajib bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Mudah-mudahan ini awal yang baik untuk kembali melakukan suatu tahapan pembangunan nasional yang dapat mencapai suatu kemajuan bagi Indonesia,” ujarnya.

Mantan panglima ABRI itu juga berharap, baik Jokowi maupun Prabowo, dapat kembali bertemu untuk menurunkan tensi politik yang sempat tinggi selama proses pemilu hingga sengketa pilpres berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK). Dia menilai pertemuan keduanya penting dilakukan agar tidak ada lagi perbedaan dan perseteruan akibat pilihan politik di masyarakat bawah (grass root).

Baca Juga:  Partai Berkarya Surati KPU, Bawaslu dan Ombudsman RI

“Kita berharap dengan penetapan ini kebersamaan ini dapat terjalin kembali. Atau istilahnya yang dipopulerkan, proses rekonsiliasi dapat berjalan dengan baik. Pak Jokowi dan pak Prabowo bisa segera bertemu, untuk bicarakan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Kendati demikian, Wiranto tidak ingin mengomentari lebih jauh ihwal ketidakhadiran Prabowo-Sandi di Gedung KPU, petang tadi. “Enggak usah (dikomentari). Itu yang tanggapi bukan saya,” katanya. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here