Doa Ketika Memakai Pakaian

Ilustrasi. Foto: Unsplash.com

Anas pernah mendengar bahwa Nabi mengajarkan doa dalam berpakaian. Redaksinya demikian:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي، وَلَا قُوَّةٍ
Al-hamdulillahil-ladzi kasaani haadzats-tsauba wa razaqaniihi min ghairi haulin minni wala quwwatin

“Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan pakaian ini kepadaku, dan Ia telah merezekikan kepadaku (baju ini) tanpa daya dan kekuatan dariku.” (HR. Abu Daud)

Dalam lanjutan hadits, disebutkan bahwa barangsiapa yang membaca doa ini saat mengenakan pakaian maka dosa yang lampau dan akan datang akan diampuni. Tentunya dosa-dosa kecil.

Kalau mau direnungkan secara mendalam, doa ini mengandung pesan penting: Pertama, pentingnya bersyukur kepada Allah. Kedua, perlu menghadirkan kesadaran akan kehadiran Allah walau dalam masalah memakai baju. Ketiga, baju adalah rezeki dari Allah SWT.

Lebih dari itu, dengan melantunkan doa ini, bisa menghindarkan diri dari penyakit-penyakit hati.

Contoh kasusnya begini. Ada orang yang memiliki baju mahal bahkan suka mengoleksinya. Jika sebelum memakai pakaiannya berdoa dengan doa ini, kemudian menghayati maknanya maka ia akan terhindar dari penyakit ujub, merasa lebih keren dari yang lain dan ghurur.

Maka dari itu, bisa dikatakan doa di sini juga berfungsi sebagai proteksi diri agar tidak terjatuh pada jebakan-jebakan yang dibuat setan. Wallahu a’lam. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here