Doa Yang Dibaca Sebelum Tidur 

doa sebelum tidur
Ilustrasi

Ada kemiripan antara tidur dengan kematian. Oleh sebab itu, berdoa sebelum tidur itu diperlukan.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, melalui firman-Nya, “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum meninggal di waktu tidurnya; Maka Dia tahan (orang) yang telah dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampa waktu yang ditetapkan.S esungguhnya, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum  yang berfikir.’ (QS. Az-Zumar: 42)

Oleh sebab itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menganjurkan kita berdoa sebelum tidur, sebagaimana hadits: 

وَعَنْ أَنَسٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ قَالَ:الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا ، وكفَانَا وآوانَا ، فَكَمْ مِمَّنْ لاَ كَافِيَ لَهُ وَلاَ مُؤْوِيَ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila akan pergi tidur, beliau mengucapkan,

ALHAMDULILLAHILLADZI ATH’AMANAA WA SAQOONAA WA KAFAANAA WA AAWAANAA, FAKAM MIMMAN LAA KAAFIYA LAHU WA LAA MU’WIYA.

 “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan, minum, kecukupan, dan perlindungan. Betapa banyak orang yang tidak memiliki kecukupan dan perlindungan.” (HR.Imam  Muslim) 

 Itulah sebabnya, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam selalu mengajarkan kepada umatnya, agar bertobat dan memperbaiki amalan setiap saat, karena kita tidak tahu kapan ajal akan menjemput. Sahabat Al-Barra bin Azib menarasikan, Rasulullah bersabda, “Jika engkau mendatangi tempat tidur, maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, lalu berbaringlah di atas bagian lambung kanan lalu ucapkanlah: Allahuma aslamtu wajhi ilaika wa fawwadhtu amri ilaika wa alja’tu dzahri ilaika raghbatan  wa raghbatan ilaika laa malja’a wa manja minka illa ilaika. Allahumma amantu bikitabika alladzi anzalta wa binabiyyika alladzi arsalta (Ya Allah, aku menyerahkan wajahku (diriku) kepada-Mu, aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu dengan rasa harap dan takut kepada-Mu. Tiada  tempat berlindung dari-Mu melainkan kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada Nabi yang Engkau utus), maka jika engkau wafat di malam tersebut engkau akan wafat di atas fitrah, dan jadikanlah kalimat-kalimat tersebut akhir ucapanmu (pada malam tersebut).”

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here