Islam Ajarkan Doa Menolak Virus Corona

Ilustrasi doa. Foto: Istimewa

Desember 2019, dunia dikejutkan dengan serangan virus Corona yang kini diberi nama Covid-19 itu, ditemukan di Wuhan, China. Kini sudah menyebar ke 5 benua. Indonesia sudah terserang sejak awal Maret lalu, dengan ditemukan 2 orang warga Depok, Jawa Barat, yang positif mengidap Covid-19. Ajaran Islam mengajarkan doa agar terhindar dari penyakit yang mengerikan itu.

Masyarakat Panik. Itulah hari-hari ini yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Mal-mal mulai sepi, para pengunjung diperiksa suhu badannya jika memasuki pasar-pasar modern dan perkantoran. Para pejabat pemerintah panik, masyarakat panic. Bagi umat Islam, Corona adalah makhluk hidup. Sama statusnya dengan makhluk-makhluk di muka bumi lainnya, mereka ini juga makhluknya Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Oleh sebab itu, perlu kita kembalikan urusan tersebut kepada si pembuat makhluk, Allah Subhanahu wa Ta’ala. Adalah sahabat Anas menarasikan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mengajarkan pada umatnya tentang doa ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ [رواه أبو داود

“Ya Allah sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan dari penyakit-penyakit yang mengerikan.” (HR Imam Abu Dawud)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga memberi bimbingan pada kita tentang satu doa yang jika kita baca di awal pagi dan sore, niscaya akan mendapat perlindungan dari-Nya. Hal ini sesuai dengan hadits yang dikeluarkan oleh Imam Bukhari, Muslim, Abu Dawud, at-Tirmizi, Nasa’i dan Ibnu Majah, dimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa membacanya sebanyak tiga kali ketika pagi dan sore hari, maka tidak ada sesuatupun yang akan membahayakan dirinya. Adapun doa yang dibaca adalah :

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here