Hanya Amal Baik Yang Menemani Si Mayit

Ilustrasi orang meninggal.

Jika seseorang wafat, ia akan diantar oleh kerabatnya, kendaraannya, dan juga amalnya. Dari ketiga itu, yang tinggal adalah amalnya. Sedangkan kerabat dan kendaraannya, akan kembali ke rumahnya.

Hanya amal kebaikan yang akan menemani seorang mayit. Adalah Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

يَتْبَعُ الْمَيِّتَ ثَلاَثَةٌ ، فَيَرْجِعُ اثْنَانِ وَيَبْقَى مَعَهُ وَاحِدٌ ، يَتْبَعُهُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ وَعَمَلُهُ ، فَيَرْجِعُ أَهْلُهُ وَمَالُهُ ، وَيَبْقَى عَمَلُهُ

“Yang mengikuti mayit sampai ke kubur ada tiga, dua akan kembali dan satu tetap bersamanya di kubur. Yang mengikutinya adalah keluarga, harta dan amalnya. Yang kembali adalah keluarga dan hartanya. Sedangkan yang tetap bersamanya di kubur adalah amalnya.” (HR. Imam Bukhari, dan Muslim)

Inilah kondisi riil para mayat. Kerabat (istri/suami, anak, saudara) dan harta bendanya (berupa kendaraan), boleh jadi akan mengantarkan si mayit sampai ke pekuburan. Tetapi, kerabat dan kendaraannya, akan kembali pulang begitu prosesi pemakaman usai. Tinggal amalnya yang akan menemani si mayit. Jika amalnya baik, maka ia akan dapat naungan, jika amalnya tekor, ia akan dapat masalah selama di alam kubur. Ini baru di alam kubur, belum lagi nanti ketika di alam mahsyar.

Imam Ahmad mengeluarkan hadits yang berasal dari Al-Bara’ bin ‘Azib tentang kondisi mayit di alam kubur. Disebutkan bahwa ada seorang yang berwajah tampan dan berpakaian bagus, baunya harum mewangi. Ia adalah manifestasi dari seorang hamba. Adapun mereka yang tidak beriman akan didatangi oleh orang yang berwajah buruk, baunya pun tidak enak dan menyengat. Yang kedua ini adalah manifestasi dari amalan jelek si mayit.

Oleh sebab itu, selama hidup di dunia, hendaknya seseorang yang beriman itu selalu melaksanakan amalan-amalan yang baik. Betapa pun kecilnya amalan baik itu, akan selalu menolong si empunya ketika berada di alam kubur dan padang mahsyar, kelak. (HMJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here