Momentum Pengabulan Doa Saat Berpuasa dan Buka

berbuka puasa_ ramadhan
Ilustrasi

Para pembaca yang budiman! Banyak sekali keutamaan yang terkandung dalam ibadah puasa. Salah satunya adanya momentum mustajabah yang mana jika seorang hamba berdoa pada waktu tersebut, kemungkinan dikabulkannya oleh Allah sangat tinggi.

Momentum itu di antaranya: saat berbuka puasa. Abdullah bin Amru misalnya, salah satu sahabat Nabi, memiliki kebiasaan unik, setiap kali berbuka beliau berdoa untuk keluarga dan anak-anaknya.

Apa yang dilakukannya dilandasi dari sabda Nabi:

لِلصَّائِمِ عِنْدَ إِفْطَارِهِ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ

“Bagi orang yang berpuasa, saat ia berbuka, ada doa yang dikabulkan (mustajab).” (HR. Baihaqi).

Bahkan, secara umum doa orang sedang berpuasa itu sangat besar kemungkinannya untuk dikabulkan. Imam An-Nawawi dalam kitab “Syarh Al-Muhadzdzab” menjelaskan bahwa orang yang berpuasa dianjurkan untuk berdoa saat berpuasa untuk kepentingan akhirat dan dunianya, demikian juga untuk orang yang disukainya dari kalangan muslimin. Ini sesuai dengan hadits riwayat Abu Hurairah:

ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَالإِمَامُ العَادِلُ، وَدَعْوَةُ المَظْلُومِ يَرْفَعُهَا اللَّهُ فَوْقَ الغَمَامِ وَيَفْتَحُ لَهَا أَبْوَابَ السَّمَاءِ وَيَقُولُ الرَّبُّ: وَعِزَّتِي لَأَنْصُرَنَّكِ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

Tiga orang yang do’a mereka tidak tertolak, yaitu: seorang yang berpuasa hingga berbuka, seorang imam (penguasa) yang adil dan do’anya orang yang di dhalimi. Allah akan mengangkat do’anya ke atas awan, dan membukakan baginya pintu-pintu langit, seraya berfirman: “Demi kemuliaan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski beberapa saat lamanya.” (HR. Tirmidzi).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here