Ustadz Abduh Tuasikal: Pahala Tarawih di Rumah Saat Ini Sama dengan di Masjid

JAKARTA, INDONESIA - 23 APRIL: Warga Jakarta melaksanakan salat tarawih di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai langkah pencegahan untuk penyebaran virus korona di Jakarta, Indonesia pada 23 April 2020. ( Anton Raharjo - Anadolu Agency )

Indonesiainside.id, Makassar – Momentum Ramadhan di tengah pandemi Covid-19 pada dasarnya adalah pemberian keringanan kepada umat Islam dalam hal ibadah.

Misalnya, amalan-amalan yang sebaiknya dilakukan secara berjamaah di masjid, seperti tarawih, buka puasa bersama, iktikaf, atau ibadah wajib lainnya seperti shalat lima waktu dan shalat Jumat. Karena ada uzur berupa wabah virus, maka cukup dilakukan di rumah dan pahalanya tidak kurang sebagaimana di masjid.

Mengenai masalah tersebut, Ustadz M Abduh Tuasikal, mengatakan, saat ini Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyarankan untuk shalat di rumah. Dia pun mengakui, telah sebulan lebih melaksanakan shalat di rumah.

“Shalat dan tarawih di rumah dulu. Pahalanya sama saja (shalat di masjid), karena kita punya uzur (halangan),” katanya dalam kajian daring dengan tema “Sikap Seorang Muslim Menghadapi Wabah Covid-19”.

Melalui siaran langsung di rumahnya, Ustadz Abduh menyampaikan tiga tips yang perlu dilakukan dalam kondisi pandemi dan Ramadan.

Pertama, memperbanyak berdoa. “Dalam bulan Ramadan, kita dituntut perbanyak berdoa. Dalam keadaan musibah (Covid-19) ini momen kita memanfaatkan untuk memperbanyak berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujarnya.

Kedua, kata dia, umat Islam dituntut untuk berjiwa Al-Jud artinya bermurah hati atau dermawan. Dia mencontohkan sifat kedermawanan Rasulullah SAW yang bersemangat dalam bersedekah dan beramal seperti angin yang bertiup.

Dengan bersedekah, kata Pimpinan Pesantren Darush Shalihin di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul ini, bisa mengangkat bala atau musibah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here