Tasbih-Tahmid-Takbir, Dosa Sebanyak Buih Di Lautan Diampuni!

Takbir
Ilustrasi.

Shalat itu tiang agama. Jika shalat tidak ditegakkan, maka robohlah tiang agama tersebut. Usai melaksanakan shalat, dianjurkan untuk berdzikir, dengan bertasbih, tahmid, dan takbir. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengampuni dosa-dosa kita.

Hubungan manusia dengan Sang Khalik terjadi, salah satunya, ketika seseorang melaksanakan shalat. Oleh sebab itu, adalah tidak ber-etika jika seseorang usai menunaikan shalat, langsung pergi. Mesti ada waktu sejenak untuk mengingatnya, sebelum melaksanakan aktivitas lanjutan dalam mengarungi bahtera kehidupan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memberi kabar gembira kepada kita, bahwa usai shalat, kita dianjurkan membaca tasbih, tahmid, dan takbir, pahala melimpah akan kita dapatkan. Yang dimaksud dengan bertasbih adalah mengucapkan “subhanallah (سبحان الله)”, dan bertahmid adalah mengucapkan “alhamdulillah (الحمد لله)”, sedangkan bertakbir mengucapkan “Allahu-akbar (الله أكبر)”.

Dinarasikan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bersabda, “Barangsiapa bertasbih, bertahmid, dan bertakbir masing-masing 33 kali, maka semuanya berjumlah 99.” Lalu, Beliau melanjutkan, “Dan ke-seratusnya mengucapkan: Laa ilaha illa Allahu wahdahu Laa syariika lahu, lahu al-mulku wa lahu alhamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir (Tiada sesembahan selain Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kekuasaan dan puji-pujian, dan Dialah Dzat yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu), maka diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih yang ada di lautan.” (HR. Imam Muslim, Abu Daud, an-Nasa’i, dan Ahmad)

Inilah dzikir yang berpahala besar, dosa-dosa sebanyak buih di lautan pun akan diampuni. Dzikir-dzikir tersebut, jika dibaca secara tartil dan diresapi kandungan maknanya, tidak akan memakan waktu lebih dari 3 menit. Inilah salah satu sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang perlu dilakukan secara istiqomah, agar kondisi kita bersih-suci pasca menuniakan shalat wajib dan shalat-shalat sunnah. Inilah diantara amalan-amalan ringan namun berpahala besar. Wallahu A’lam. (HMJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here