Sunnah, Memakan Kurma Sebelum Shalat Ied

Ilustrasi. Foto: Pexels

Ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah wajib. Berbuka di hari Ied juga wajib. Melaksanakannya adalah manifestasi dari ketaatannya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya.

Petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah, sebelum melaksanakan shalat Ied, beliau memakan buah kurma. Dinarasikan oleh ‘Abdullah bin Buraidah, dari ayahnya, ia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ وَلاَ يَأْكُلُ يَوْمَ الأَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ فَيَأْكُلَ مِنْ أُضْحِيَّتِهِ

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam biasa berangkat shalat ‘ied pada hari Idul Fithri dan sebelumnya beliau makan terlebih dahulu. Sedangkan pada hari Idul Adha, beliau tidak makan lebih dulu kecuali setelah pulang dari shalat ‘ied baru beliau menyantap hasil qurbannya.” (HR. Imam Ahmad)

Khusus untuk Iedul Fitri, dinarasikan oleh Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhuma:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لا يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ .. وَيَأْكُلُهُنَّ وِتْرًا

“Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidaklah keluar pada hari Idul Fithri (ke tempat shalat) sampai beliau makan beberapa kurma terlebih dahulu. Beliau memakannya dengan jumlah yang ganjil.” (HR. Imam Bukhari)

Rasulullah memakan buah kurma dengan jumlah ganjil: satu, tiga, lima, dan tujuh. Adapun memakan di pagi hari, sebelum berangkat shalat Ied, untuk menyadarkan kita semua, umat Islam, jika 1 Syawal dilarang untuk berpuasa. Jika tidak menemukan kurma, maka boleh makan dengan buah atau makanan yang halal lainnya. Lalu, bagaimana hukumnya jika tidak makan dulu? Imam Syafi’I mengatakan,dalam kitab Al-Umm, “Jika tidak makan terlebih dahulu, tidak berdosa, tetapi makruh jika tidak dikerjakan.”

Karena itu, mari kita laksanakan sunnah Rasul yang satu ini, di hari dan sebelum shalat Ied untuk memakan buah kurma dengan hitungan ganjil. Wallahu A’lam. (HMJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here