Mau Dosa-Dosa Diampuni, Bacalah Dzikir-Dzikir Ini

Dzikir dan Munajat Mujahid 212
Dzikir dan Munajat Mujahid 212 di Masjid Agung Sunda Kelapa. Foto: Indonesiainside.id

Shalat adalah perjumpaan hamba kepada Rabbnya. Shalat-shalat fardhu itu menghapus dosa-dosa yang terjadi antar shalat tersebut. Selai itu, dzikir-dzikir pasca shalat, seperti bertasbih, tahmid, dan takbir akan membersihkan dosa-dosa sebesar apa pun dosa-dosa tersebut.

Kabar gembira itu datang dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bahwa usai shalat, lalu membaca tasbih, tahmid, dan takbir, pahala melimpah akan kita dapatkan. Seberapa besarkah pahalanya?

Adalah sahabat Abu Hurairah menarasikan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, bersabda, “Barangsiapa bertasbih, bertahmid, dan bertakbir masing-masing 33 kali, maka semuanya berjumlah 99.” Lalu, Beliau melanjutkan, “Dan ke-seratusnya mengucapkan: Laa ilaha illa Allahu wahdahu Laa syariika lahu, lahu al-mulku wa lahu alhamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir (Tiada sesembaha selain Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kekuasaan dan puji-pujian, dan Dialah Dzat yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu), maka diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih yang ada di lautan.” (HR. Imam Muslim, Abu Daud, an-Nasa’i, dan Ahmad)

Oleh sebab itu, maka bacalah tasbih, tahmid, dan takbir setiap kali usai melaksanakan shalat, baik shalat-shalat wajib maupun shalat-shalat sunnah. Juga setiap saat, dimana pun kita berada. Dengan seringnya kita berdzikir dengan tasbih, tahmid, dan takbir, lalu dihayati maknanya, akan membuat hati menjadi tentram. Hati yang tentram akan membawa pelakunya pada perilaku yang santun, beradab, bisa berkomunikasi secara baik dengan sesama.

Initinya, mereka yang selalu berdzikir, akan beramal secara ikhlas dan bermanfaat untuk orang lain. Inilah rahasianya, mengapa mereka yang melakukan dzikir berupa tasbih, tahmid, dan takbr, akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebesar buih di lautan. Karena itu, biasakan melafalkan dzikir-dzikir tersebut, dimana dan kapan saja. Wallahu A’lam (HMJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here