Tiga Amalan Yang Dicari-Cari Malaikat

shalat dan demo kedubes india
Ilustrasi shalat berjamaah. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Para malaikat yang setiap saat bertasbih dan memuliakan Allah Subhanahu wa Ta’ala itu selalu mencari-cari tiga amalan yang dilakukan oleh Umat Islam di dunia. Mereka saling berlomba untuk menghadiri dan melaporkannya kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Adalah Imam ath-Tirmidzi mengeluarkan hadits yang dinarasilkan oleh sahabat Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma, bahwa Allah ‘Azza wa Jalla pernah berfirman kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ketika beliau sedang tidur:

“Ya Muhammad, tahukah engkau amal yang bagaimana yang selalu dicari-cari oleh para malaikat yang paling dekat dengan Allah? Aku berkata: Ya, tahu,yaitu amal-amal yang dapat menghapuskan dosa. Yalni, tetap tinggal di masjid setelah selesai shalat berjamaah, berjalan menuju shalat berjamaah, dan tetap menyempurnakan wudhu ketika keadaan berat. Barangsiapa yang mengerjakan yang demikian, ia akan hidup dengan mendapat kebaikan, akan wafat dengan mendapat kebaikan, dan terbebas dari dosa sebagaimana keadaannya ketika dilahirkan oleh ibunya …”

Yakhtashimu (mencari), dalam hadits ini, untuk menggambarkan bahwa para malaikat saling berlomba dalam mencari amal yang dimaksud dan berlomba dalam melaporkan ke Allah ‘Azza wa Jalla, sehingga mengesankan seolah-olah saling bersaing. Mereka saling memperbincangkan keutamaan dan kemuliaan amal tersebut.

Para malaikat yang biasa mendatangi majelis-majelis (mejalis ilmu dan majelis dzikir) sebagai bentuk penghormatan dan pemuliaan mereka terhadap majelis tersebut. Mereka disifati dengan al-a’la (yang tinggi) adalah karena kedudukan mereka yang tinggi (mulia) di sisi Allah atau karena tempat mereka yang memang tinggi.

Oleh sebab itu, mari kita amalkan tiga hal tersebut. Yakni, berdiam di masjid setelah selesai shalat berjamaah, berjalan menuju shalat berjamaah, dan selalu dalam keadaan bersuci. Berdiam di masjid seusai shalat berjamaah, dengan berdzikir atau membaca Al-Qur’an, akan mendapatkan pahala berlimpah. Berdiam di masjid usai shalat Subuh berjamaah sampai datangnya waktu syuru’(terbitnya matahari), lalu shalat dua rakaat, akan mendapatkan pahala setara dengan pahalanya umroh.

Karena itu, mari kita rutinkan tiga amalan tersebut agar nama kita disebut-sebut oleh para malaikat di hadapan Raabb. Jika nama kita disebut-sebut di hadapan Rabb, itu sebagai pertanda bahwa kita akan mendapatkan Rahmat dan Karunia Allah yang mengantarkan ke pintu surga. Wallahu A’lam (HMJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here