Mau Hidup Tenang dan Nyaman? Istighfarlah!

Ilustrasi dzikir. Foto: Istimewa

Semua manusia berharap menjalani hidup di dunia ini dengan tenang, aman, dan nyaman. Allah Subhanahu wa Ta’ala, memberi petunjuk agar umat manusia bisa menjalani hidup sebagaimana yang diharapkannya.

Tidak ada manusia yang sepanjang hidupnya mengalami perasaan tenang dan nyaman. Suatu saat ia akan mengalami berbagai persoalan hidup yang membuatnya terusik rasa tenang dan nyamannya. Itulah ujian hidup manusia. Tetapi, manusia punya solusi jika ia bergantung sepenuhnya kepada Ilahi.

Oleh sebab itu, kembalikan semua persoalan kepada Rabb, sebagaimana firman-Nya, “Dan hendaknya kalian memohon ampunan kepada Rabb kalian kemudian bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepada kalian.” (QS. Hud: 3)

Mau menghapus dosa-dosa, memperbanyak kebaikan,dan mengangkat derajat? Allah berfirman, “Dan katakanlah, ‘Bebaskanlah kami dari dosa’, niscaya Kami akan ampuni kesalahan-kesalahan kalian, dan kelak Kami akan menambah (pemberian Kami) kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-Baqarah: 58)

Jika Anda berharap turunnya hujan, anak-anak yang shalih, harta halal dan rezeki yang melimpah? Maka beristighfarlah, sebagaimana firman-Nya, “Maka aku katakana kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Rabb kalian, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan yang lebat kepada kalian, dan melimpahkan anak-anak dan harta kepada kalian, dan menjadikan untuk kalian kebun-kebun dan menjadikan pula untuk kalian sungai-sungai’.” (QS. Nuh: 10-12)

Istighfar adalah obat hati untuk mengatasi berbagai problema kehidupan. Oleh sebab itu, jadikan istighfar (Astaghfirullah; mohon ampun kepada Allah Ta’ala) sebagai dzikir yang dibaca setiap saat dan dengan bilangan yang tak terbatas. Istighfar selain akan membuahkan ketenangan dan kenyamanan hidup, ia juga akan mengantarkan seseorang menuju surga-Nya. Wallahu A’lam (HMJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here