Shalat Subuh di Masjid, Surga Jaminannya!

Ilustrasi shalat dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Foto: Antara

Waktu Subuh adalah waktu ketika seseorang nikmat-nikmatnya tidur. Tetapi, bagi mereka yang tahu hakekat bangun dan melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid (bagi laki-laki), akan mendapatkan limpahan rahmat dan jaminan surga dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagi sebagian orang, bangun di waktu fajar dan melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid (bagi laki-laki) dan shalat tepat waktu di rumah bagi perempuan, akan terasa berat. Tetapi, bagi para pelakunyayang istiqomah, akan menuai kebaikan. Ada keberkahan, mendapat cahaya di hari kiamat, dan jaminan surga bagi pelakunya.

Adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, setiap pagi hari seusai melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid, akan mendapat keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dalam hal ini beliau bersabda:

اللهمَّ باركْ لأمتي في بكورِها

Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya. (HR. Imam Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ibn Majah)

Keberkahan itu akan mewujud dalam bentuk kebaikan, ketentraman, kenyamanan, dan keindahan dalam menjalani hidup ini.

Para pelaku shalat Subuh berjamaah di masjid, tentu, berangkat ke masjid ketika hari masih gelap, tetapi ia dituntun oleh cahaya iman. Inilah yang membuat para pelakunya, kelak di hari Kiamat, akan mendapatkan cahaya, sebagaimana hadits yang dikeluarkan oleh Imam Abu Dawud dan At-Tirmidzi, dan dinarasikan olehBuraidah al-Aslami Radhiyallahu anhu, “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.”

Selain itu, mereka yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid maka dia berada dalam jaminan dan perlindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ia akan terjaga dari perbuatan-perbuatan buruk, baik dari kalangan jin maupun manusia.

مَن صلَّى الصبح، فهو في ذمة الله، فلا يَطلُبَنَّكم الله من ذمَّته بشيء؛ فإن من يطلُبهُ من ذمته بشيء يدركه، ثم يَكُبه على وجهه في نار جهنم

“Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Imam Muslim, bersumber dari Jundubibn Abdillah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu)

Bagi yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid, dan di hari yang sama ia wafat, maka orang tersebut dijamin masuk Surga-Nya. Inilah waktu-waktu terindah buat umat Islam, jangan disia-siakan. Rutinkan shalat Subuh berjamaah di masjid untuk menggapai surga-Nya. Wallahu A’lam. (HMJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here