Inilah Doa Malaikat Buat Mereka Yang Rajin Bersedekah

Ilustrasi

Di pagi hari, ada dua malaikat yang mendoakan orang-orang yang bersedekah dan yang pelit. Doa para malaikat adalah doa yang tak terhijab. Manfaatkan waktu pagi dengan sedekah.

Bagi seorang lelaki muslim, shalat Subuh berjamaah di masjid (shalat tepat waktu di rumah bagi perempuan)) akan mendapat jaminan surga dari Allah. Amalan ini akan menjadi sempurna keberkahannya jika seusai shalat Subuh dilengkapi dengan sedekah.

Adalah Abu Hurairah menarasikan sebuah hadits dimana Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR. Imam Bukhari: 1442 dan Imam Muslim: 1010)

Malaikat pertama mendoakan mereka yang memberi sedekah berupa senyuman, ilmu, tenaga, nafkah keluarga, kerabat, dan fuqoro wal masakin. Dan doa para malaikat itu diijabah oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bukan itu saja, Allah akan mengganti sedekah yang diberikan oleh seseorang, sebagaimana tersurat dalam Al-Qur’an surah Saba’: 39, “Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang terbaik.”

Sedekah tidak membuat pelakunya bangkrut dan jatuh miskin. Yang terjadi justru akan semakin memberikan keberkahan dalam beragam bentuk. Dalam sebuah hadits qudsi yang dinarasikan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

“Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, berinfaklah, Allah akan mengganti infakmu.” (HR. Imam Bukhari: 4684 dan Imam Muslim; 993)

Oleh sebab itu, usai shalat Subuh berjamaah lalu disempurnakan dengan berinfak, maka lengkaplah keberkahan yang dilimpahkan kepada pelakunya. Hidup di dunia akan dijalaninya dengan kedamaian, dan jaminan surga menantinya di akhirat.

Sebaliknya, bagi mereka yang tidak mau berinfak di pagi hari, malaikat mendoakannya agar orang tersebut benar-benar dibangkrutkan oleh Allah. Bangkrut di sini bukan hanya berupa pailit harta bendanya, tetapi kehidupannya yang penuh gejolak, tidak tentram, sebagai tanda bahwa keberkahan jauh darinya. Wallahu A’lam (HMJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here