Beli Tanah Dapat Emas

Jual beli tanah
Ilustrasi.

Rezeki memang telah diatur oleh Allah Ta’ala. Bahkan, tidak pernah terpikir oleh manusia, darimana datangnya rezeki tersebut. Kisah berikut adalah orang membeli tanah, ternyata, si pembeli tidak hanya dapat sebidang tanah, tetapi diatas tanah tersebut ada guci berisi emas. Apa yang mesti dilakukan oleh si pembeli tanah tersebut?

Imam Bukahri dan Imam Muslim mengeluarkan hadits yang dinarasikan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkisah:

“Ada seorang laki-laki yang membeli sebidang tanah dari orang lain. Kemudian ia menemukan sebuah guci yg di dalamnya berisi emas. Si pembeli tanah itu lalu mendatangi si penjual, dan berkata, ‘Ambillah emas ini, milikmu, karena aku hanya membeli tanah, bukan membeli emas.’

Lalu orang yang menjual tanahnya berkata, ‘Yang aku jual adalah sebidang tanah ini dan apa yang ada di dalamnya.’

Akhirnya, kedua orang tersebut bersepakat untuk meminta pendapat kepada seseorang yang dikenal arif dan bijaksana. Orang yang dimintai pendapat tersebut lalu berkata, ‘Apakah kalian mempunyai anak?’

Laki-laki yang satu berkata, ‘Aku punya anak lelaki.’

Yang satunya lagi berkata, ‘Aku punya anak perempuan.’

Lalu, orang yang dimintai pendapat tersebut berkata, ‘Nikahkanlah anak laki-laki itu dengan anak perempuan itu dan berilah nafkah untuk keduanya dari emas tadi, dan sedekahkanlah’.”

Betapa bijaknya saran dari orang tersebut. Memberi solusi yang terbaik. Dua orang yang tadinya berhubungan lewat jual beli tanah, akhirnya bersaudara dan membentuk satu tatanan keluarga besar dengan cara menikahkan anak-anak mereka. Wallahu A’lam (HMJ).

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here