Inilah Doa Yang Membuat Malaikat Berebut Mencatatnya

salat jumat_balai kota DKI
Jemaah tampak khusyuk memanjatkan doa. Foto: Indonesiainside.id

Doa adalah inti ibadah. Dan kita bisa melakukan doa dimana dan kapan saja. Juga di dalam shalat, ada doa yang membuat para malaikat berebut untuk mencatatnya. Bagaimanakah doa tersebut?

Seusai melakukan rukuk, lalu bangun melakukan I’tidal dengan membaca , “Sami’allaahu liman hamidah,” di saat I’tidal ini ada sebuah doa yang membuat para malaikat berebut untuk mendatangi dan mencatat siapa yang membacanya.

Imam Bukhari mengeluarkan hadits yang dinrasikan oleh Rifa’ah bin Rafi az-Zuraqi Radhiyallahu ‘anhu, yang mengatakan, bahwa suatu hari kami shalat di belakang Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari rukuk, beliau berkata, “Sami’allahu liman hamidah (Allah mendengar orang yang memuji-Nya). Lalu, seseorang di belakang beliau berdoa:

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ (مُبَارَكًا عَلَيْهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَى)

Rabbana wa laka al-hamdu Hamdan Katsīran Thayyiban Mubārakan Fīhi (Mubārakan ‘alaihi Kamā Yuhibbu Rabbunā wa Yardhā)

(Ya Allah ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu dengan pujian yang banyak, lagi baik dan penuh berkah, seperti yang disukai dan diridlai oleh Rabb kami).

Seusai shalat,beliau bertanya, “Siapakah yang mengucapkan doa tadi?”

Orang yang di belakang beliau menjawab, “Akulah yang mengucapkan tadi, ya Rasulullah.”

Mendengar jawaban orang tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Aku melihat lebih dari tiga puluh tiga malaikat berlomba-lomba untuk menjadi malaikat yang pertama dalam mencatat pahala bacaan tersebut.”

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here