Baca Ayat Kursi, Surga Jaminannya!

Santri Al Kautsar membaca Al Qur'an dengan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran virus corona di Masjid Daarul Qur 'an, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jum'at (8/5). Agensi Anadolu/Eko Siswono Toyudho

Semua ayat-ayat Al-Qur’an itu bermanfaat untuk manusia, karena Al-Qur’an adalah petunjuk dalam menjalani kehidupan di dunia. Tetapi ada beberapa ayat atau surah yang punya kekhususan kemanfaatannya. Salah satunya adalah ayat kursi.

Ayat kursi ada dalam surah Al-Baqarah ayat 255:

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.”

Kapan ia mesti dibaca, dan apa manfaatnya?

Pertama, sebelum tidur. Imam Bukhari mengeluarkan hadits yang berasal dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa ia menangkap maling yang mencuri gandum dari gudang Baitul Maal selama 3 hari berturu-turut. Si pencuri dilepas oleh Abu Hurairah karena telah mengajarinya tentang ayat kursi. Lalu Abu Hurairah melaporkannya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.Terjadilah dialog antara Rasulullah dengan Abu Hurairah:

“Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah memberi manfaat padaku jika membacanya. Sehingga aku pun melepaskan dirinya.” Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur, hendaklah membaca ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang berbicara denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?” “Tidak”, jawab Abu Hurairah. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Dia adalah setan.”

Kedua, ketika pagi dan petang. Dinarasikan oleh Ubay bin Ka’ab, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.” (HR. Imam Al Hakim)

Ketiga, seusai shalat fardhu. Dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. Imam An-Nasai). Maksud dari hadits ini adalah, ketika wafat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga.

Mengapa ayat kursi begitu istimewa. Dalam Syarah Shahih Muslim Imam Nawawi menulis, para ulama berpendapat, bahwa hal itu dikarenakan di dalamnya terdapat nama dan sifat Allah yang penting, yaitu, sifat ilahiyah, wahdaniyah (keesaan), sifat hidup, sifat ilmu, sifat kerajaan, sifat kekuasaan, sifat kehendak. Itu adalah tujuh nama dan sifat dasar yang disebutkan dalam ayat kursi. Wallahu A’lam (HMJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here