Belum Pernah Shalat tapi Masuk Surga, Kok Bisa?

shalat
Ilustrasi Warga melaksanakan Shalat. Foto: Antara

Islam itu cahaya sekaligus hidayah. Dan Allah Ta’ala Maha Berkehendak. Siapa saja bisa masuk surga, atas rahmat dan hidayah-Nya. Seorang sahabat yang baru saja masuk Islam, lalu syahid di medan Uhud, atas izin Allah, ia masuk surga.

Imam Ahmad mengeluarkn hadits yang dinarasikan oleh Abu Hurairah Radhiyallalhu ‘anhu bahwa ia berkata, “Ceritakanlah kepalaku tentang seseorang yang masuk surga, padahal ia tidak pernah satu kali pun shalat!” Dan apabila mereka tidak mengetahui maka Abu Hurairah menjawab, “Dia adalah Ushairim dari Bani Abdul Asyhal, Amr bin Tsabit bin Waqsy.” Hal itu karena sebelumnya ia enggan masuk Islam. Dan ketika terjadi Perang Uhud, barulah ia melihat kebenaran Islam dan ia pun masuk Islam. Lalu ia raih senjata dan mengalami luka-luka.

Para laki-laki dari Bani Abdul Asyhal pergi untuk mencari kaum laki-laki mereka yang ikut berperang,sehingga mereka menemukan Amr bin Tsabit di antara mereka yang terbunuh dan sedang meregang nyawa. Mereka berkata, “Ini adalah ‘Amr, apa yang membawanya datang ke mari.”

Mereka pun bertanya kepada ‘Amr, “Apakah yang membuatmu datang ke mari, apakah karena simpati kepada kaummu ataukah karena ingin masuk Islam.”

‘Amr menjawab, “Karena tertarik kepada Islam, aku masuk Islam. Kemudian aku berperang hingga aku mengalami apa yang kalian lihat.”

Belum sampai mereka beranjak, ‘Amr telah gugur. Lalu mereka menceritakan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, maka beliau bersabda, “Sungguh, ia termasuk penduduk surga.”

Moral kisah haidts diatas telah memberi informasi kepada kita, bahwa Allah yang memberi hidayah kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyesatkan orang yang Dia kehendaki. Allah Ta’ala telah memberi hidayah kepada sahabat di atas.

Kisah ke-Islam-an sahabat ‘Amr sangat popular, karena ia dalam pangkuan Islam hanya dalam waktu tidak sampai sehari, belum sempat melaksanakan shalat, ikut bertempur di Uhud, dan menjemput syahidnya di sana. Inilah Islam, yang menjadi cahaya, hidayah, dan kesuksesan. Wallahu A’lam (HMJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here