Jangan Remehkan Sedekah

Ilustrasi sedekah. Foto: Istimewa

Sedekah itu multi-manfaat. Selain mendapatkan pahala silaturahim, para penyedekah juga akan selalu didoakan oleh penerima sedekah. Di hari Akhir, sedekah akan menaungi pelakunya sampai manusia diberi keputusan.

Imam Ahmad mengeluarkan hadits shahih yang dinarasikan oleh Harmalah bin Imran bahwa dirinya mendengar Yazid bin Abi Hubaib berceritera bahwa Abu al-Khair berceritera bahwa dia mendengar Ubah bin Amir Radhiyallalu ‘anhu yang berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Setiap orang itu berada di bawah naungan sedekahnya sampai umat manusia diberi keputusan’.”

Lau, Yazid memberi komentar, “Karena itu, Abu al-Khair Murtsid tidak pernah melewatkan satu hari pun tanpa menyedekahkan sesuatu, walau berupa roti, bawang, atau sejenisnya.”

Di hari kiamat nanti, orang-orang yang ahli sedekah adalah satu dari 7 golongan yang mendepat naungan. Pertanyaannya, bagaimanakah sedekah yang baik itu, dinampakkan atau disembunyikan? Jika motivasi menampakkan sedekah agar mendorong orang lain untuk melakukannya, maka itu baik-baik saja. Tetapi, jika menampakkan sedekah pelakunya malah berbuat riya’ (diperlihatkan) dan sum’ah (diperdengarkan), maka sebaiknya dihindari. Jika menampakkan maupun menyembunyikan sama-sama tidak ada manfaatnya, maka menyembunyikan sedekah jauh lebih baik.

Perlu diketahui, bahwa hukum asal dari sedekah adalah menyembunyikannya, sebagaimana tersurat dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 271, “Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu.” Bgitulah, bersedekah dengan cara terbuka atau tersembunyi, boleh-boleh saja, sepanjang ada alasan yang kuat. Oleh sebab itu, niat mesti dijaga. Ikhlas karena Allah Ta’ala, tidak karena yang lain. Dengan demikian, maka pahala sedekah akan diperoleh oleh pelakuknya, dan nanti di hari Akhir, sedekah yang dikeluarkan tersebut akan memayunginya sampai umat manusia diberi keputusan oleh Allah Ta’ala. Wallahu A’lam (HMJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here