Sedekahnya Para Ahli Surga

sedekah
Ilustrasi: Sedekah. Foto: Istimewa

Dalam ajaran Islam, sedekah adalah amalan yang sangat dianjurkan. Sedekah punya pahala multi-guna, baik selama mereka hidup di dunia maupun ketika nanti di hari Akhir. Mereka yang sudah dijamin masuk surga menjadi ahli sedekah yang mesti ditauladani.

Tahukah Anda, bagaimanakah cara para sahabat yang telah dijamin masuk surga mensedekahkan hartanya? Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan, tidak tanggung-tanggung, jika ada panggilan jihad atau panggilan untuk sedekah, mensedekahkan separuh hartanya. Abu bakar ash-Siddiq, mensedekahkan seluruh hartanya. Ketika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bertanya, “Wahai Abu Bakar, apa yang kau sisakan untuk keluargamu?” Abu Bakar menjawab, ‘Aku sisakan untuk mereka Allah dan Rasulullah.”

Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas, suatu hari, ketika di rumahnya, Ibunda Aisyah mendengar deru unta membahana di kota Madinah. Ibunda Aisyah bertanya, “Suara apakah itu?”

“Kafilah unta milik Abdurrahman bin Auf tiba dari Syam membawa segala macam barang sebanyak tujuh ratus unta,” jawab asisten beliau.

Aisyah pun berkata, “Aku pernah mendengar Baginda Nabi bersabda, ‘Aku lihat Abdurrahman bin Auf memasuki surga dengan merangkak’.”

Ucapan Aisyah tersebut sampai ke Abdurrahman, lalu ia berkata, “Kalau bisa aku memasuki surga dengan berjalan kaki.” Lalu, tidak berlama-lama, sebanyak tujuh ratus onta dan semua yang dibawanya itu diserahkan untuk kepentingan fi sabilillah.

Apakah Abu Bakar as-Siddiq dan Abdurrahman bin Auf setelah mensedekahkan semua harta dan kekayaannya itu lalu jatih miskin? Tidak. Abu Bakar masih tetap sebagai seorang pedagang besar dan disegani, begitu juga dengan Abdurrahman bin Auf.

Abdurrahman wafat di usia 75 tahun, Abdurrahman bin Auf wafat. Menjelang wafat, Abdurrahman berwasiat, agar setiap kaum muslimin yang mantan perang Badar diberi 400 dinar yang diambil dari harta warisannya. Setelah dihitung, ada 100 mantan perang Badar, termasuk di dalamnya Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Ia juga berwasiat, sebagian besar uangnya diberikan kepada Ummul Mu’minin (janda-janda Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam).

Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali bin Abi Thalib, dan Abdurrahman bin Auf adalah 5 dari 10 orang yang dijamin masuk surga. Semuanya ahli sedekah. Dan tidak tanggung-tanggung jika bersedekah. Tetapi itu tidak membuatnya jatuh miskin. Mereka sangat yakin tentang hadits ini, dimana Allah Ta’ala berfirman:

أَنْفِقْ يَا ابْنَ آدَمَ أُنْفِقْ عَلَيْكَ

“Berinfaklah wahai anak Adam, niscaya Aku berinfak kepadamu” (Muttafaq ‘Alaih).

Jika mereka yang ahli surga saja mensedekahkan hartanya secara luar biasa, lalu, bagaimana dengan kita yang belum jelas status kita nantinya di akhirat? Maka, sedekahlah, karena sedekah itu akan menanugi pelakunya di hari Akhir nanti. Wallah A’lam (HMJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here