Inilah Pahala Shalat Berjamaah Selama 40 Hari

Ilustrasi salat berjamaah. Foto: Istimewa

Adzan adalah panggilan shalat. Karena itu, panggilan tersebut hendaknya dipenuhi dengan mendatangi masjid-masjid, bagi laki-laki, untuk melaksanakan shalat berjamaah. Ada jaminan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada mereka yang melaksanakan shalat berjamaah secara berturut-turut di masjid selama 40 hari.

Bagi seorang Muslim, kumandang adzan bukan hanya untuk diperdengarkan, tetapi dipenuhi panggilan tersebut. Caranya? Dengan mendatangi masjid-masjid dan mushala-mushala untuk melaksanakan shalat jamaah, 5 kali dalam sehari semalam. Shalat berjamaah itu berpahala besar, sebagaimana sabda Rasulullah, “Shalat berjamaah lebih utama 27 derajat daripada shalat sendirian.” (HR Imam Bukhari). Jika shalat sendiri hanya dapat 1 derajat, shalat berjamaah dapat 27 derajat. Maka, alangkah sayangnya jika kita tidak melaksanakan shalat secara berjamaah, di masjid. Karena setiap ayunan langkah kaki menuju dan pulang dari masjid, dicatat sebagai kebaikan.

Selain itu, mereka yang melaksanakan shalat berjamaah selama 40 hari berturut-turut, maka ia berada dalam jaminan Allah. Imam at-Tirmidzi mengeluarkan hadits yang berasal Anas bin Malik, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa shalat berjamaah selama empat puluh hari dengan mendapatkan takbir pertama ikhlas karena Allah, maka akan dicatat baginya terbebas dari dua hal: terbebas dari api neraka dan terbebas dari sifat munafik.”

Oleh sebab itu, ketika suara adzan berkumandang, sambutlah, dan enyahkan bisikan setan dan kemalasan manusiawi, agar kita mendapatkan jaminan Allah, terbebas dari api neraka dan terbebas dari sifat munafik. Wallahu A’lam (HMJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here