Mengenal Dakwa Nabi Hud AS

Ilustrasi.

Ia seorang Nabi dan Rasul yang diutus berdakwah untuk kaumnya, ‘Ad. Bukan apresiasi yang ia dapatkan, bahkan Hud Alaihis Salam dicemooh sebagai orang bodoh. Atas pengingkarannya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala itu membuat Sang Khaliq murka. Setelah kekeringan melanda, angin topan dihadirkan Allah untuk membinasakan kaum ‘Aad yang durhaka itu.

Menurut salah satu riwayat, sebagaimana dikutip oleh Imam Ibnu Katsir dari Ibnu Jarir, nama lengkapnya adalah Hud bin Shalih bin Asfakhsyadz bin Sam bin Nuh. Sam adalah salah seorang putra Nabi Nuh. Hud adalah salah satu Nabi, dari empat Nabi, yang berasal dari bangsa Arab. Dalam kitab Shahih Ibnu Hibban, sebuah hadits panjang yang dinarasikan oleh Abu Dzar, antara lain, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Di antara mereka terdapat empat dari bangsa Arab, yaitu: Hud, Shalih, Syu’aib, dan nabimu (Muhammad) ini, hai Abu Dzar.”

Masyarakat Arab yang hidup sebelum Nabi Ismail bin Ibrahim, dikenal dengan sebutan Arab Aribah, terdiri dari banyak kabilah. Di antaranya, kabilah ‘Ad, Tsamud, Jurhum, Tasm, Judais, Amim, Madyan, dan lain-lain.

Adapun bangsa Arab pasca Ismail bin Ibrahim dikenal dengan nama Arab Musta’rab. Dan Ismail bin Ibrahim adalah orang Arab pertama yang berbicara dengan bahasa Arab secara fasih.

Nabi Hud Alaihis Salam hidup di tengah-tengah kaum ‘Ad memiliki fisik yang kekar dan otot yang kuat. Mereka hidup di wilayah Ahqaf, sebuah pegunungan pasir yang terletak antara Oman dan Hadramaut, Yaman. Karena akhlak mereka buruk, mereka dikenal memakai hukum rimba, siapa kuat dia yang menang dan semena-mena.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here