Tiga Sebab Nabi Ibrahim Diberi Gelar Khalilullah atau Kekasih Allah SWT

Ilustrasi

Indonesiainaide.id, Jakarta – Nabi Ibrahim AS memiliki gelar khalilullah, apa maksudnya dan apa hal yang menyebabkan beliau mendapatkan gelar tersebut?

Nabi Ibrahim adalah salah satu dari para rasul yang mempunyai gelar ulul `azmi. Gelar ini adalah gelar yang dimiliki oleh nabi yang mempunyai ketabahan dan kegigihan yang luar biasa dalam menjalankan dakwahnya.

Dari 124.000 nabi yang pernah diutus Allah ke bumi, hanya 5 nabi saja yang mempunyai gelar ulul azmi, Yaitu Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Nabi Muhammad SAW. Gelar ini adalah gelar agung yang diberikan Allah kepada hambanya.

Selain itu, Nabi Ibrahim juga mempunyai gelar spesial untuk dirinya, yaitu Khalilullah. Khalilullah bemakna sebagai kekasih Allah. Gelar yang mulia ini beliau dapatkan bukan tanpa sebab.

Dalam kitab Nashoihul Ibad, diterangkan bahwa setidaknya ada tiga sebab mengapa Nabi Ibrahim mendapatkan gelar ini. Berikut adalah ketiga sebab tersebut:

Pertama, Nabi Ibrahim selalu mendahulukan perintah Allah daripada perintah lainnya. Layaknya kepada seorang kekasih, Nabi Ibrahim selalu mendahulukan kepentingan Allah daripada yang lain. Hal ini tercermin ketika Nabi Ibrahim diperintah Allah untuk menyembelih anaknya sendiri, Ismail.

Sebelum kelahiran Ismail, Nabi Ibrahim sangat mendambakan seorang anak. Namun hingga berpuluh-puluh tahun beliau belum dikaruniai anak. Pada akhirnya beliau meminta izin kepada istrinya, Sarah, untuk menikah kedua kalinya dengan Hajar.

Dari pernikahan ini lahirlah Nabi Ismail. Saat menginjak masa remaja, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anak kesayangannya itu. Tanpa pikir panjang, beliau menjalankan perintah Allah. Dengan kuasa Allah, Nabi Ismail diselamatkan Allah dan diganti dengan domba.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here