Amalan-Amalan di Bulan Rabi’ul Awal

bertasbh
Ilustrasi

Bulan Rabi’ul Awal dalam kalender Hijriyah, ada hari kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Sedikitnya ada 4 amalan yang meski dilakukan oleh umat Islam: memperbanyak shalawat Nabi, bersedekah, puasa sunnah, dan memperbanyak berbuat baik.

Tanggal 1 Rabi’ul Awal 1442 jatuh pada hari Ahad, 18 Oktober 2020. Pada 12 Hijriyah yang bertepatan dengan 18 Oktober 2020 adalah Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Memang tidak ada anjuran khusus di hari itu. Tetapi, umat Islam menghormati bulan Rabiul Awal dengan melakukan berbagai kebaikan. Hal ini karena di bulan ini ada satu hari dimana Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, sebagai pencerah umat manusia, dilahirkan.

Di bulan yang mulia ini, sedikitnya ada 4 amalan yang jamak dilakukan oleh umat Islam. Yakni:

Pertama, shalawat Nabi.

Sebagaimana ketika kita membaca tasyahud akhir ketika shalat. Inilah shalawat yang paling diagungkan oleh para Sahabat dan generasi berikutnya.

Di antara bentuk bacaan shalawat nabi yang paling utama yang diajarkan oleh Rasulullah

Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ialah:

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kamaa shallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim, innaKa Hamidum Majid. Allahumma barik (dalam satu riwayat, wa barik, tanpa Allahumma) ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaKa Hamiidum Majid).

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here