4 Cara Kreatif Manfaatkan Ampas Kopi

Bubuk kopi untuk pupuk. Foto: sadakoffie.com

Jika pembaca tidak membuat banyak kopi di rumah, sebagian besar kedai kopi memiliki banyak bubuk kopi bekas yang bersedia mereka berikan.

Indonesiainside.id, Jakarta — Kopi adalah minuman populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Namun, banyak orang biasanya membuang ampas yang ditinggalkan setelah diseduh. Pembaca sebaiknya tidak terburu-buru membuang ampas kopi.

Dilansir Healtline, ternyata bubuk kopi memiliki banyak kegunaan praktis di sekitar rumah, kebun dan bahkan dapat membantu rutinitas perawatan kecantikan pembaca.

Jika Anda tidak membuat banyak kopi di rumah, sebagian besar kedai kopi memiliki banyak bubuk kopi bekas yang bersedia mereka berikan. Nah, di bawah ini, Indonesiainside.id sajikan 4 penggunaan kreatif untuk bubuk kopi bekas.

1. Penyubur tanaman

Sebagian besar tanah tidak mengandung nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Ketika tanaman tumbuh, mereka menyerap nutrisi dari tanah, akhirnya meninggalkannya habis.

Bubuk kopi mengandung beberapa mineral utama untuk pertumbuhan tanaman seperti nitrogen, kalsium, kalium, besi, fosfor, magnesium dan kromium. Bubuk kopi juga dapat membantu menyerap logam berat yang dapat mencemari tanah.

Terlebih lagi, ampas kopi membantu menarik cacing, yang sangat bagus untuk kebun Anda. Untuk menggunakan bubuk kopi sebagai pupuk, cukup taburkan ke tanah di sekitar tanaman Anda.

2. Mengusir serangga dan hama

Senyawa tertentu yang ditemukan dalam kopi, seperti kafein dan diterpen, sangat beracun bagi serangga. Anda dapat menggunakan ampas kopi untuk mengusir serangga yang menggangu.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here