Mengenal Jenis Daging Ayam

Ada empat daging ayam yang sering dijumpai baik di pasar tradisonal maupun supermarket. Apa saja?

Indonesiainside.id, Jakarta — Daging ayam merupakan salah satu makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Berbagai olahan jenis dan cita rasa membuat orang semakin banyak yang mengonsumsi ayam setiap harinya.

Namun, tak semua ayam memiliki kualitas daging yang sama meskipun bersumber dari ayam yang sama. Balai Pengujian Mutu Dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH) membagi daging ayam ke dalam empat klasifikasi. Yakni ayam segar, ayam suntik, ayam formalin, dan ayam tiren.

Ayam suntik adalah ayam yang diberikan air melalui suntikan ke dalam daging dengan tujuan menambah berat daging. Cirinya, tidak ada lipatan antara paha dan dada karena kulit dan daging terisi air.

Sedangkan ayam formalin adalah karkas/daging ayam yang mengandung formalin yang diberikan melalui suntikan ke dalam daging atau pencelupan daging dengan larutan formalin.

Jika dicubit bagian kulitnya, maka kulit tidak akan kembali kesemula dan kulit terlihat kaku. Dianjurkan pada saat mencubit sebaiknya menggunakan sarung tangan, pinset atau kantong plastik. Pastikan tangan tidak bersentuhan langsung dengan permukaan daging.

Adapun ayam tiren (ayam mati kemaren) adalah ayam bangkai. Ayam yang telah mati yang disembelih atau tidak disembelih sehingga darah tidak keluar dari tubuh ayam dan membeku disetiap pembuluh darah. Ayam tersebut banyak dijajakan dengan harga yang sangat murah.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here