Menikmati Eloknya Hutan Edelweis di Puncak Sangkareang

Ketika Gunung Agung sedang bergolak untuk melepas magmanya, pergerakan gunung ini justru eksotis jika langit cerah. Dan itu bisa disaksikan dari Puncak Sangkareang yang berada di kawasan Gunung Rinjani, Pulau Lombok.

Indonesiainside.id, Lombok — Bahkan saking indahnya Puncak Sangkareang ini, saat Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani erupsi, ratusan pelancong tak juga turun untuk menyelamatkan diri dari puncak ini. Mereka tetap bertahan kendati bahaya sedang mengancam.

Ternyata itu karena keindahannya. Puncak Sangkareang berada di ketinggian yang hampir menyamai tingginya Gunung Rinjani (3.726 mdpl). Seakan di area ini tampak tiga keindahan yang menyatu menjadi satu. Gunung Rinjani diperindah dengan kehadiran anak Gunung Rinjani, yaitu Gunung Barujari. Dan itu menjadi eksotis dengan keindahan Puncak Sangkareang yang dipenuhi hutan Edelweis.

Gunung baru itu muncul dari dalam Segara Anak, sebuah kolam raksasa yang ada di gunung itu. Gunung ini menyapu sebagian air danau, dan memberi panorama lain dari kawasan Gunung Rinjani.

Untuk mereguk keindahannya, memang banyaK rute yang bisa dipakai jalan mengakrabi gunung ini. Tetapi trek yang umum dilalui adalah tiga rute. Pertama Sembalun Lawang, kedua jalur Senaru, dan ketiga melalui Torean. Untuk jalur ketiga ini tidak dianjurkan untuk dipakai jika belum sangat paham kawasan ini.

Bagi yang ingin santai menikmati pemandangan alam, pilihlah jalur Sembalun Lawang. Rutenya tidak sulit, dipenuhi padang sabana, dengan jalur naik turun yang membuat perjalanan tidak monoton.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here