Penyebab Seseorang Mengigau Saat Tidur

Orang yang mengigau, rata-rata mengatakan hal-hal acak yang tidak ada artinya. Lalu, apa penyebab seseorang bicara saat tidur?

Indonesiainside.id, Jakarta — dalam dunia psikologi dan medis, bicara di saat tidur dikenal dengan sebutan “somniloquy“. Kondisi ini biasanya terjadi saat seseorang bermimpi, mereka sedang dalam kondisi berbicara dengan keras, atau sedang menegaskan sesuatu.

Para ahli di bidang psikologi tidur (the sleep psychologist) meyakini bahwa fenomena mengigau, terjadi saat seseorang sedang berpindah fase tidur.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa mengigau diakibatkan oleh kondisi yang dinamakan “motor breakthrough“, ini adalah saat dimana ada sebuah sinyal yang mengaktifkan instrumen suara kita, tapi hanya sesaat saja.

Di beberapa kasus, fenomena bicara sambil tidur ini pada umumnya diakibatkan oleh stres atau tingkat kegelisahan yang tinggi. Tapi tak perlu khawatir, pada umumnya mengigau ini tidak berbahaya sehingga tak perlu dicemaskan. Jika dirasa mengganggu kualitas tidur, anda bisa konsultasikan dengan dokter ahli.

(Anisa)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here