Hati-Hati, Banyak Diskon Palsu Akhir Tahun

Pengunjung berburu diskon di sebuah pusat perbelanjaan. Foto: ANTARA

Banyak penjual memberi diskon manipulatif demi mengeruk keuntungan

Indonesiainside.id, Jakarta — Akhir tahun biasanya banyak pusat perbelanjaan menawarkan harga miring gila-gilaan. Termasuk juga pada situs belanja online. Mulai potongan harga hingga 70 persen, beli satu gratis satu, dan promo menarik lainnya.

Ditinjau dari sisi marketing, mayoritas konsumen memang senang melihat label diskon pada sebuah produk belanja. Mulai pakaian, kosmetik, aksesori, gadget, hingga peralatan rumah tangga.

Agar tak tertipu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengimbau konsumen mewaspadai diskon pura-pura yang terlihat menggiurkan.

Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi memaparkan, banyak penjual memberi dikson manipulatif demi mengeruk keuntungan. “Kalau sudah begitu, bukannya hemat isi dompet malah jadi boros,” jelasnya kepada Indonesiainside.id, Sabtu (30/12)

Berikut saran yang harus diperhatikan agar belanja akhir tahun tetap menggembirakan kondisi keuangan.

1. Pura-Pura Diskon
Lazimnya pemberian diskon dilakukan dengan cara menaikkan harga terlebih dahulu, lalu diberikan potongan harga. Jika ini yang terjadi maka layak disebut diskon abal-abal. Bandingkan harga barang tersebut dengan kualitasnya.

2. Jebakan Beli Dua Gratis Satu
Bisa jadi konsumen merasa lebih murah karena mendapatkan tiga item barang, tapi harga yang dikeluarkan untuk 2 item barang saja. Konsumen tidak sadar bahwa ini adalah jebakan. Karena harus merogoh kocek lebih banyak dari rencana belanja semula

3. Diskon Barang Tak Laku Jual
Praktik yang lain, diskon diberikan tetapi untuk barang yang sudah old fashion, khususnya untuk produk sandang. Bahkan yang lebih ekstrim diskon diberikan karena barang tersebut ada cacat tersembunyi. Bahkan diskon diberikan untuk produk makanan yang hampir kedaluwarsa.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here