Tips Penerbangan Aman dan Nyaman dari Dirjen Perhubungan Udara

Pesawat terbang seringkali menjadi pilihan untuk mempersingkat perjalanan. Apalagi di musim liburan

Indonesiainside.id, Jakarta — Kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan berandil besar terhadap meningkatnya trend penggunaan pesawat terbang.

Pesawat terbang seringkali menjadi pilihan utama untuk mempersingkat perjalanan. Apalagi di musim liburan seperti sekarang ini.

Nah, agar dapat melakukan penerbangan dengan nyaman, Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti membagikan tips bagi pengguna jasa transportasi udara. Berikut tipsnya

1. Rencanakan perjalanan dan belilah tiket sejak jauh hari. Lingkari pengumuman cuti yang biasanya di umumkan awal tahun. Biasanya, banyak pilihan rute dan harga relatif murah.

2. Pembelian tiket bisa melalui kantor perwakilan airlines, agen tiket, atau membeli lewat aplikasi online.

3. Pastikan besaran tarif. Penumpang bisa mengacu harga dengan melihat pengumuman di bandara setempat. Kalau mau sedikit repot, boleh melihat-lihat acuan harga lewat Peraturan Menteri Perhubungan.

4. Teliti rute penerbangan dalam tiket, cek rute langsung atau rute dengan transit. Rute transit dapat mengakibatkan tarif lebih tinggi dari rute atau penerbangan langsung.

5. Tiket kelas ekonomi hanya dijual antara Tarif Batas Atas dan Tarif Batas Bawah sesuai ketentuan Pemerintah dalam Peraturan Menteri Perhubungan no 14 tahun 2016.

6. Tiket kelas ekonomi terdiri dari komponen: tarif jarak/basic fare (tergantung kelompok pelayanan), PPn 10% dari tarif jarak, IWPU sebesar Rp5.000,-, PJP2U/PSC yg besaran tergantung bandara keberangkatan dan biaya tambahan yang sifat pilihan/optional.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here