Tuntong Laut, Spesies Kura-Kura yang Terancam Punah

Anak Tuntong laut (Batagur borneoensis) berada di Hilir Sungai Tamiang usai dilepas liarkan oleh Pegiat lingkungan dari Yayasan Satucita Lestari Indonesia di area Desa Pusung Kapal, Seruway, Aceh Tamiang, Aceh, Rabu (6/11/2019). Sejak 2013 hingga 2019 Yayasan Satucita Lestari Indonesia didukung BKSDA setempat dan PT Pertamina EP Asset 1 Field Rantau telah melepaskan sebanyak 2220 anak Tuntong laut, sebagai bentuk pelestarian satwa langka tersebut. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.

Indonesiainside, Aceh – Hutan mangrove adalah rumah bagi Tuntong laut (Batagur borneoensis), spesies kura-kura air tawar dan darat. Dari 29 spesies kura-kura yang ada di Indonesia, Tuntong laut adalah salah satu spesies yang dilindungi.

Tuntong laut mendiami daerah muara hingga 4 km ke arah hulu sungai yang masih dipengaruhi pasang surut air laut. Seperti penyu, tuntong bertelur di pantai pasir pinggir laut. Populasi Tuntong laut saat ini berada di Aceh Tamiang, Aceh.

Laman greeneres.co mencatat, hewan akuatik ini termasuk salah satu hewan yang terancam punah. Tuntong laut terdaftar dalam 25 spesies kura-kura kritis terancam punah (critically endangered) dalam skala global (IUCN, 2011). Selain penyusutan habitat, pengambilan telur oleh penduduk untuk konsumsi dan perburuan untuk dijadikan hewan peliharaan menyebabkan penurunan populasi mereka secara drastis.

Upaya pelestarian Tuntong laut terus dilakukan hinga kini. Yayasan Satucita Lestari Indonesia kembali melepas liarkan Tuntong laut di Hilir Sungai Tamiang, Desa Pusung Kapal, Seruway, Aceh Tamiang, Aceh, Rabu (6/11/2019). Didukung Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan PT Pertamina, Yayasan Satucita Lestari Indonesia telah melepas liarkan sebanyak 2220 Tuntong laut sejak tahun 2013. (Mi/Ant)

 

lines

01 antarafoto pelepas liaran tuntong laut 061119 adm 12

Pegiat lingkungan dari Yayasan Satucita Lestari Indonesia mengukur panjang anak Tuntong laut (Batagur borneoensis) untuk dilepas ke habitatnya di Rumah Informasi Tuntong Laut, Desa Pusung Kapal, Seruway, Aceh Tamiang, Aceh, Rabu (6/11/2019).

 

lines

02 antarafoto pelepas liaran tuntong laut 061119 adm 11

Pegiat lingkungan dari Yayasan Satucita Lestari Indonesia melepas liarkan Tuntong laut (Batagur borneoensis) di Hilir Sungai Tamiang, Desa Pusung Kapal, Seruway, Aceh Tamiang, Aceh, Rabu (6/11/2019).

 

lines

03 antarafoto pelepas liaran tuntong laut 061119 adm 8

Anak Tuntong laut (Batagur borneoensis) berada di Hilir Sungai Tamiang usai dilepas liarkan oleh Pegiat lingkungan dari Yayasan Satucita Lestari Indonesia di area Desa Pusung Kapal, Seruway, Aceh Tamiang, Aceh, Rabu (6/11/2019).

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here