Merekam Jakarta yang Bakal Tenggelam

Seri foto petugas kebersihan saluran air dalam kota Jakarta dan sampah sampahnya. Petugas kebersihan di Jakarta bekerja secara bergantian selama 8 jam perhari yang dibagi perkelompok beranggotakan 20 orang. Foto: Muhammad Zubeir/ Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Tak banyak seniman yang menggunakan beragam media untuk menyuarakan gagasannya. Cynthia Boll, fotografer Belanda, menyoroti persoalan air terhadap kehidupan warga Jakarta. Melalui beragam media seperti foto, video dan instalasi tiga dimensi Cynthia mengangkat persoalan penurunan tanah di Jakarta.

Dengan 20 juta penduduknya Jakarta bakal tenggelam dengan kecepatan penurunan tanah 8-20 centimeter per tahun. Menurut Cynthia, pesisir Jakarta Utara adalah kawasan yang paling terpengaruh oleh penurunan tanah ini.

Cynthia Boll, pemenang penghargaan Zilveren Camera 2018 ini mulai mengunjungi  Jakarta pada kurun waktu antara 2015 hingga 2018. Dalam salah satu video yang ditampilkan di pameran, Cynthia Boll menjelaskan kesamaan antara Jakarta dan Belanda: Halaman belakangnya di bawah permukaan laut dan mekanisme pemompaan harus dilakukan untuk mencegah banjir

Pameran foto dan multimedia bertajuk “Sinking Cities, Jakarta” karya Cynthia Boll mulai dibuka di Erasmus Huis, Jakarta pada 21 November 2019 hingga 20 Desember 2019. Pameran ini menyoroti pengaruh air pada kehidupan masyarakat Jakarta, sebagai kota yang akan tenggelam dengan cepat.(Mi)

 

 

Foto: Muhammad Zubeir/ Indonesiainside.id

Foto berjudul ” Anak Sekolah” (kiri) diambil di Jalan utama Muara Baru, Jakarta yang berada tepat disebelah tanggul laut dan area yang paling cepat terbenam dibanding area sekitarnya. Sementara itu foto berjudul “Pak Lukman, Nelayan” (kanan) menjelaskan salah satu penyebab penurunan permukaan tanah adalah pemompaan air tanah.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here