Dijerat Pasal Berlapis, Luthfi Pembawa Bendera Menangis di Pelukan Ibunya

Luthfi Alfiandi menangis saat dipeluk Nurhayati, ibunya usai sidang. Foto: Muhammad Zubeir/ Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Kamis (12/12) dipadati massa. Sebagian diantaranya adalah ibu-ibu. Sementara itu Luthfi Alfiandi tertunduk di kursi pesakitan. Luthfi Alfiandi adalah pemuda pembawa bendera merah putih yang fotonya viral saat aksi massa September lalu.

Di dunia maya, Luthfi Alfiandi sempat disebut sebagai salah satu siswa SMK yang ikut aksi. Adalah fotografer kompas.com Garry Andrew Lotulung yang berhasil mengabadikan aksi Luthfi yang kemudian juga dipasang di berbagai media arus utama.

Luthfi Alfiandi, sore itu menjalani sidang perdana dan didakwa Jaksa penuntut umum (JPU), Andri Saputra, dengan pasal berlapis yakni pasal 212 KUHP juncto pasal 214 KUHP atau pasal 170 ayat (1) KUHP atau pasal 218 KUHP. Sebelumnya, 15 terdakwa aksi demonstrasi juga didakwa atas kasus yang sama.

Usai pembacaan dakwaan, pengacara terdakwa dari LBH Kobar mengajukan permohonan penangguhan penahanan yang didukung oleh 3 anggota DPR yaitu Wakil ketua DPR RI Sufmi Dasco, dan dua anggota komisi III DPR RI Habiburokhman dan Didik Mukrianto. Ketiga anggota dewan ini menjamin penundaan masa penahanan Luthfi.

Sidang akan dilanjutkan pada 18 Desember 2019 dengan agenda pembuktian dan pemeriksaan saksi-saksi yang akan dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum. (Mi)

 

Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Sidang perdana dengan terdakwa Luthfi Alfiandi yang akrab dipanggil Dede, 21 tahun, digelar Kamis (12/12/2019) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan dipimpin oleh Hakim Utama Bintang AL.

 

Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Massa yang membanjiri sidang perdana terdakwa Luthfi Alfiandi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

 

Foto: Muhammad Zubeir/ Indonesiainside.id

Lima belas terdakwa aksi massa dipersidangkan terlebih dahulu sebelum sidang terdakwa Luthfi Alfiandi.

 

Foto: Muhammad Zubeir/ Indonesiainside.id

Luthfi Alfiandi menangis saat dipeluk Nurhayati, ibunya usai sidang.

 

Foto: Muhammad Zubeir/ Indonesiainside.id

Seorang ibu menangis di persidangan dan memohon untuk diperkenankan bertemu anaknya yang menjadi salah satu terdakwa.

 

Foto: Muhammad Zubeir/ Indonesiainside.id

Luthfi Alfiandi berfoto bersama tim kuasa hukumnya usai persidangan di di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (12/12/2019).

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here