Tanya Jawab Tentang Bisnis Logistik

Bagi Anda yang ingin bertanya lebih jauh terkait logistik, silahkan mengirimkan email ke redaksi@indonesiainside.id dengan subject Tanya Logistik.

Mengapa biaya pengiriman barang di Indonesia mahal?

Ade - Bandung

Jawab:

Biaya pengiriman barang menjadi salah satu masalah industri logistik Indonesia. Karena Indonesia adalah negara yang luas dan terbagi menjadi beberapa pulau sehingga moda transportasi antar pulau yang digunakan untuk mengangkut barang dibanderol dengan harga yang relatif tinggi.

Bagi yang membutuhkan kecepatan dalam pengiriman barang, moda transportasi udara bisa menjadi pilihannya. Namun karena ongkos kargo udara yang tinggi maka biaya kirim barang pun menjadi mahal. Bila menggunakan transportasi laut antar pulau maka biaya kirim barang bisa jauh lebih murah dan lebih terjangkau bagi masyarakat.

Ini juga faktor mengapa biaya logistik masih mahal, karena pemainnya masih sangat sedikit dan belum mau menurunkan margin yang di terima. dan mayoritas pengusaha jasa pengiriman di indonesia belum memaksimalkan penggunaan media terkini dalam memasarkan jasanya. sehingga, pengirim tidak menemukan alternatif jasa pengiriman dan pemilik jasa sendiri costnya menjadi besar karena tidak memenuhi kuota pengiriman barang.

Beni Syarifudin

Pengusaha Muda Logistik dan Ketua Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara

Saya senang menjalani bisnis logistik, namun saya takut akan kalah bersaing dengan pebisnis logistik lain, terutama yang sudah memiliki nama. Bagaimana solusinya?

Rian - Banten

Jawab:

Jangan pernah takut untuk bersaing. Sebagai pebisnis, memiliki kompetitor adalah hal biasa. Anda harus siap untuk berinovasi dan muncul dengan gebrakan baru setiap harinya agar perlahan kompetitor lain tidak tampak seperti lawan.

Indonesia menghadapi beberapa tantangan logistik, yaitu tantangan dari segi struktur geografis dan pendekatan transportasi logistik multimoda. Sebagai pebisnis, Anda harus siap dengan ide-ide baru demi menyediakan solusi bagi tantangan ini dengan cara mengimplementasikan ide brilian Anda dalam bisnis yang Anda jalani.

Beni Syarifudin

Pengusaha Muda Logistik dan Ketua Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara

Bagaimana bisnis logistik bisa menjangkau seluruh area Indonesia dengan budget yang minim?

Dina – Pasar Minggu

Jawab:

Dalam berbisnis logistik, janganlah melihat hal ini sebagai kendala. Selalu lihat semuanya sebagai peluang. Berbisnis logistik bukan berarti Anda harus membeli 1000 truk serta membuka kantor cabang di seluruh kota di Indonesia agar Anda bisa mengirim barang ke seluruh area di Indonesia.

Manfaatkan momen ini untuk mencari mitra bisnis. Apabila mitra Anda kebetulan memiliki gudang tidak terpakai di kota yang ingin Anda jadikan fokus bisnis, ajaklah ia untuk kerjasama demi target bisnis yang sama. Apabila ada teman Anda yang memiliki truk atau mobil di kota lain, ajaklah menjadi mitra bisnis di segi ekspedisi. Jangan jadikan budget kendala. Dengan adanya kerjasama antar pebisnis ini, tidak hanya Anda yang diuntungkan. Anda dan mitra akan mendapatkan keuntungan bersama.

Beni Syarifudin

Pengusaha Muda Logistik dan Ketua Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara

Bagaimana pertumbuhan bisnis logistik di Indonesia?

Hendra - Cirebon

Jawab:

Industri logistik di Indonesia memang mengalami pertumbuhan yang relatif tinggi sebelum terjadi pandemi Covid-19. Ini terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa hal seperti jumlah penduduk Indonesia yang tinggi hingga mencapai 267 juta jiwa, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tahun 2019 lalu bisa mencapai 5,3%, luasnya wilayah Indonesia yang mencapai 1,9 juta km2 menjadi salah satu potensi menariknya industri logistik di Indonesia serta besarnya jumlah geografi kepulauan Indonesia yang mencapai 17.504 pulau dan adanya keragaman komoditas dan budaya di nusantara.

Hal kedua yang membuat industri logistik Indonesia tumbuh dan menjadi salah satu bisnis yang menarik adalah karena telah terjadi perubahan tren belanja yang cukup signifikan di Indonesia. Dimana perkembangan bisnis e-commerce pada akhirnya menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan industri logistik yang ada di Indonesia.

Beni Syarifudin

Pengusaha Muda Logistik dan Ketua Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara