Kenangan Manis Bersamamu Tak Akan Kulupakan, #GoodbyeBBM

#GoodbyeBBM. Foto: Istimewa

Oleh: Asmoro

Indonesiainside.id, Jakarta – Salah satu layanan pesan instan yang paling populer pada zamannya sebelum Whatsapp, Line, dan Telegram adalah BlackBerry Massanger (BBM). Pernah populer pada periode 2010-an akhirnya resmi akan menyerah pada 31 Mei 2019.

“Emtek telah mengumumkan keputusan mereka untuk mengakhiri layanan BBM untuk konsumen pada 31 Mei 2019,” demikian laporan crackberry dalam keterangan resmi, melansir laman Antara, Kamis (18/4).

Dengan persaingan yang cukup ketat dari layanan pesan instan lainnya, BBM pernah kembali hidup lagi pada 2016 di bawah perusahaan Emtek Gorup. BBM telah mencoba berusaha dilengkapi fitur-fitur menarik agar menarik penggunanya seperti stiker, panggilan video, dan juga terintegrasi dengan layanan pembayaran seperti DANA.

Namun, sepertinya BBM tetap tidak sanggup menghadapi persaingan yang cukup berat ini dan makin terpuruk oleh persaingan layanan pesan instan WhatsApp, Facebook Messenger, Line, WeChat, dan Telegram. BBM pun mengaku banyak pengguna yang lari ke platform lain dan mereka juga kesulitan menumbuhkan pengguna baru.

Hari ini kami mengumumkan kami akan menutup layanan konsumen BBM pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari pengalaman layanan konsumer BBM,” tulis BBM dalam akun Twitternya.

Dengan resmi diberhentikannya layanan BBM pada 31 Mei 2019. Warganet di twitter mengucapkan salam perpisahan dengan tagar #GoodbyeBBM, dan menjadi trending topik di twitter.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here