Indonesiainside.id, Jakarta — Pasar smartphone global menunjukkan tanda-tanda pemulihan untuk mengakhiri periode panjang penurunan pendapatan secara triwulanan. Pengiriman selama 3Q 2019 tercatat stagnan di 380 juta unit.
“Dua pasar yang membantu menghentikan penurunan adalah India, yang telah tumbuh dengan mantap, dan Cina, sekarang menunjukkan penurunan yang lebih lambat,” dikutip siaran resmi lembaga riset Counterpoint Research, Ahad (10/11).
Namun, kedua negara terlihat telah membangun pasar antisipatif, di India, OEM dipersiapkan lebih awal untuk agenda perayaan Diwali dan penjualan online. Di Cina, Huawei, Oppo, dan Vivo mendulang banyak permintaan jelang National Day Golden Week pada bulan kemarin.
“Musim liburan yang akan datang akan mendorong permintaan smartphone ke pertumbuhan untuk paruh kedua tahun ini,” tulis lembaga itu.
Counterpoint Research merekam bahwa Samsung konsisten dengan pertumbuhan penjualannya berkat seri Galaxy Note 10 dan Galaxy A. Bauran produk yang ditingkatkan membantu perusahaan menghasilkan laba yang lebih baik.
Sementara, Huawei tumbuh 28,5% YoY secara global. Dia merebut pangsa pasar rekor 40% di Cina dan rebound di Eropa setelah penurunan pertengahan tahun yang disebabkan oleh larangan perdagangan AS.
“Seiring berlanjutnya dorongan agresifnya, ada peningkatan kebutuhan untuk manajemen persediaan yang hati-hati di Tiongkok dan Eropa pada Q4 2019,” katanya.
Pengiriman Apple iPhone turun 4% YoY. Namun, penyerapan awal untuk seri iPhone 11 cukup kuat. Konsumen di Amerika Serikat pada pre-order dan penjualan pekan pertama cukup tertatik memboyong iPhone 11 Pro Max dan iPhone 11 Pro, iPhone 11 standar naik dengan cepat ke daftar best-seller.
“Koreksi harga Apple di China dan di tempat lain dengan iPhone 11 dan iPhone XR merangsang permintaan selama minggu terakhir September,” tulis laporan itu.
Realme menjadi merek dengan pertumbuhan tercepat untuk kuartal kedua berturut-turut, meraih posisi ke-7 secara global. Peminatnya yang kuat di India dan Indonesia mendorong pertumbuhannya. (*/Dry)