Influencer dan Selebriti Keluhkan Fitur Terbaru Instagram

Instagram. Foto: embark marketing

Indonesiainside.id, Jakarta – Instagram tengah menguji fitur terbarunya, yakni menyembunyikan jumlah “suka” pada postingan penggunanya.

Pengumuman fitur baru ini, diumumkan langsung oleh CEO Instagram, Adam Mosseri pada hari Jumat (15/11). Namun, uji coba ini seketika mendapat reaksi keras dari banyak influencer dan selebriti.

Fitur ini telah diujicobakan di tujuh negara termasuk Australia, Irlandia, dan Kanada. Para influencer instagram mengeluh bahwa fitur suka yang disembunyikan berdampak pada penawaran merek dan konten yang mereka ponsori.

“Kami menguji ini karena kami ingin Instagram menjadi tempat di mana orang merasa nyaman mengekspresikan diri mereka. Ini termasuk membantu orang untuk fokus pada foto dan video yang mereka bagikan, bukan berapa banyak suka yang mereka dapatkan,” ujar juru bicara Instagram, seperti yang dilansir dari Business Insider, Ahad (17/11).

Tidak hanya influencer, selebriti Amerika juga mengecam keras terkait pembaruan fitur ini.

Penyanyi Nicki Minaj bahkan mengancam akan berhenti memposting di Instagram jika fitur tersebut mulai berlaku.

Penyanyi Cardi B juga turut memprotes fitur tersebut, dengan alasan bahwa menghapus suka tidak akan membuat Instagram menjadi kurang beracun karena “komentar lebih memengaruhi daripada suka.”

Tetapi, hal berbeda diungkapkan oleh selebriti Kim Kardashian West. Ia memandang keputusan untuk menyembunyikan suka sebagai hal yang baik. “Sejauh menyangkut kesehatan mental, maksud saya itu adalah sesuatu yang menghilangkan suka dan mengambil aspek itu dari itu akan sangat bermanfaat bagi orang-orang,” kata Kardashian West dalam konferensi DealBook The New York Times pekan lalu.

Karen Civil, ahli strategi media sosial, menyatakan bahwa influencer tidak seharusnya terlalu memperhatikan berapa banyak yang disukai posting mereka.

“Apa yang terdengar lebih mengesankan sebagai sebuah bisnis: Aku membayar untuk sebuah iklan dan pos memiliki jangkauan 10K pengikut dan dibagikan 500 kali dan mengarah ke 320 klik pada link pada influencer. Atau: Aku dibayar untuk iklan dan mendapat 9.000 suka,” ujarnya. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here