Cina Kembangkan Robot Medis Antisipasi Penularan Virus Corona

Ilustrasi

Indonesiainside.id, Beijing – Sejumlah ahli teknologi di Cina tengah mengerjakan penelitian dan pengembangan sebuah robot yang dapat menggantikan perawat untuk melakukan tes tenggorokan pasien virus corona. Ini untuk mengurangi penyebaran coronavirus baru.

Proyek litbang ini dimulai lebih dari sepekan lalu oleh produsen robot utama Cina, Siasun, bersama Institut Otomasi Shenyang yang berada di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan Cina.

Beberapa departemen telah dimobilisasi dalam proses pengembangan, instalasi dan pengujian tersebut untuk menghemat waktu.

Dalam tes coronavirus baru, seorang perawat menggunakan swab(penyeka) untuk mengumpulkan sekresi dari tenggorokan pasien untuk dilakukan pengujian, yang berisiko menginfeksi perawat karena terpapar virus tersebut.

Robot itu, yang akan mencakup lengan mekanik berbentuk seperti ular dan bagian pengumpul swab, dapat dikendalikan dari jarak jauh untuk melindungi staf medis dari infeksi virus tersebut, menurut Siasun Robot and Automation Co., Ltd.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here