Muncul Virus Hanta di Cina, Benarkah Lebih Dahsyat dan Mengerikan dari Corona?

ppemeriksaan suhu badan
Pemeriksaan suhu badan perlu dilakukan. Foto: Antara.

Indonesiainside.id, Jakarta – Wabah virus corona (covid-19) telah membuat derita penduduk dunia. Lebih dari 190 negara terpapar virus flu ganas yang bermula dari Wuhan, Hubei, Cina.

Tak kurang dari 18.600 jiwa seantero dunia melayang akibat virus yang menyerang paru-paru tersebut. Sedangkan di Indonesia, jumlah korban jiwa sudah mendekati angka 60 orang.

Kewaspadaan atas wabah corona belum sirna, kini tersiar kabar adanya virus baru yang tak kalah mematikan. Ya dari daratan Cina juga meluncur informasi pada, Rabu (25/3), adanya hantavirus (virus hanta). Apa pula itu?

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit (Center for Disease Control anda Prevention) yang berkantor pusat di Atlanta, Georgia, Amerka Serikat, media penyebaran virus ini berasal dari tikus. Daya bunuh virus hanta ini konon luar biasa. Hanya dalam hitungan jam, orang yang terinfeksi hantavirus akan langsung tewas karenanya.

Hantavirus ini juga menyerang paru-paru. Jenis virus hanta lama sudah ada di kawasan Eropa dan Asia. Penderitanya akan mengalami kondisi seperti demam berdarah dengue parah (hemorrhagic fever) lantaran sindrom renal atau penurunan fungsi ginjal. Pada DBD parah bisa terjadi pendarahan serius, penurunan tekanan darah, dan tiba-tiba syok yang berujung pada kematian.

Virus hanta jenis baru yang belakangan muncul tak kalah mengerikan. Serangannya secepat kilat. Bayangkan, bila seseorang terkena virus ini, umurnya hanya dalam hitung jam. Virus ini pun muncul dari daratan Cina.

Dalam sebuah berita dikabarkan, pria dari Provinsi Yunan, Cina, meninggal saat berada di dalam bus yang tengah melaju ke Provinsi Shandong. Orang itu positif menderita infeksi virus hanta. Seketika seluruh isi bus itu pun harus menjalani pemeriksaan.

Dalam suasana dunia yang masih cemas akibat serangan virus corona, munculnya virus hanta tentu kian membuat rasa waswas. Akan tetapi, ada hasil kajian yang menggembirakan.  Sekalipun daya bunuh virus hanta lebih dahsyat dari corona, namun tak bisa menular antarmanusia. Media penularannya dari hewan (tikus) ke manusia. Jadi, waspadalah terhadap tikus. (AS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here