Jalur Metro “Cerdas” di Beijing Bisa Identifikasi Penumpang Tak Bermasker

http://www.globaltimes.cn/

Indonesiainside.id, Beijing — Sebuah jalur metro di Beijing sedang menguji coba sistem layanan cerdas yang dapat mengidentifikasi apakah penumpang mengenakan masker.

Menurut Beijing Subway Limited, operator kereta bawah tanah di kota tersebut, kereta di Jalur 6 dilengkapi dengan sejumlah kamera sensor beresolusi tinggi. Sensor ini  akan menangkap citra penumpang dan mengirimkannya ke sistem latar yang cerdas untuk analisis dan kalkulasi, yang dapat mengidentifikasi apakah penumpang mengenakan masker, melambaikan tangan untuk meminta bantuan, atau pingsan.

Di atas pintu gerbong, layar-layar berdefinisi tinggi 4K baru telah dipasang untuk menghadirkan informasi stasiun di sepanjang jalur tersebut, jalur transit, dan arus penumpang.

“Dibandingkan dengan papan informasi yang sebelumnya terpampang di pintu, sekarang saya dapat melihat dengan jelas informasi di layar baru itu dari posisi mana pun,” ujar Wang Xiaoxiao, salah seorang penumpang.

Begitu mesin kereta dihidupkan, jendela gerbong akan berubah menjadi layar yang menunjukkan lokasi, peta kereta bawah tanah, dan demo tiga dimensi (3D) stasiun berikutnya.

Sejumlah layar pemandu juga dipasang dalam area tunggu di peron salah satu stasiun sepanjang jalur tersebut untuk menampilkan informasi posisi kereta, kepadatan penumpang, dan intensitas penyejuk ruangan di setiap gerbong, papar Beijing Subway.

Selain itu, peralatan sensor tersebut juga dipasang di depan masinis, yang dapat mendeteksi apakah mereka lelah atau terganggu dengan cara memantau karakteristik wajah mereka, dan mengingatkan dengan konfirmasi suara.  (CK/Ant/Xh)

 

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here